Advertisement

Rapim MUI Soal Perempuan Bawa Anjing ke Masjid, Ma'ruf Amin Ikut Hadir

Newswire
Selasa, 02 Juli 2019 - 13:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Rapim MUI Soal Perempuan Bawa Anjing ke Masjid, Ma'ruf Amin Ikut Hadir Ma'ruf Amin. - Okezone

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Kasus perempuan bawa anjing ke masjid jadi bahasan serius Majelis Ulama Indonesia atau MUI dalam rapat pimpinan  di gedung MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (2/7/2019).

Dalam rapat tersebut, salah satu pembahasannya ialah kasus SM, 53, perempuan yang membawa anjing ke Masjid Al Munawaroh di kawasan Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Advertisement

"Kasus wanita masuk masjid pakai sepatu dan bawa anjing. Ya. Mungkin kalah perlu ada fatwa, walaupun semua orang sudah tau ga boleh bawa anjing," ujar Wakil Ketua MUI, Yunahar Ilyas di lokasi, Selasa (2/7/2019).

Yunahas mengatakan, pihaknya akan membuat fatwa jika hal tersebut memang diperlukan.

"Tapi kalau perlu dipertegas dengan fatwa kita akan buatkan fatwanya," sambungnya.

Dalam agenda tersebut, dihadiri pula oleh Calon Presiden terpilih, Maruf Amin. Selain membahas kasus itu, MUI turut membicarakan sejumlah pembahasan.

Mulai dari gejala permurtadan, potret keagamaan di kampus, hingga pemberdayaan ekonomi umat.

"Kemudian, kita juga akan musyawarahkan tentang gejala-gejala pemurtadann. Itu masih ada. Terutama di beberap wilayah yang miskin. Di jawa atau diluar jawa," papar Yunahar.

Sebelumnya, SM, 52, wanita yang membawa anjing ke dalam Masjid Al Munawaroh di kawasan Sentul City, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat kini resmi menyandang status tersangka.

Kasubag Humas Polres Bogor AKP Ita Puspita Lena mengatakan, penetapan status tersangka tersebut berdasarkan hasil gelar perkara dan sejumlah alat bukti serta keterangan saksi-saksi.

"Dari beberapa alat bukti, keterangan lima orang saksi, maka penyidik sudah meningkatkan status penyelidikan menjadi penyidikan dan menaikan status SM menjadi tersangka," kata Ita, Selasa (2/7/2019).

Diketahui, beredar di video viral di media sosial seorang wanita yang membawa anjing ke dalam masjid pada Minggu (30/6/2019) siang.

Selain membawa anjing, wanita tersebut juga marah-marah tanpa sebab yang jelas kepada jemaah masjid. Aksi wanita itu memantik jemaah yang geram dan berusaha mengusir wanita berbaju putih dengan kacamata hitam itu untuk keluar masjid. Bukannya sadar atas perilakunya, wanita itu justru semakin meradang hingga sempat cekcok dengan seorang jemaah masjid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Suara.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Warga Dlingo Bantul Membunuh Mantan Pacar dan Buang Jenazahnya ke Pantai, Ini Pengakuannya

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement