Banyak Provokator Kerusuhan 22 Mei dari Jabar, Ini Tanggapan Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. JIBI/BISNIS - Wisnu Wage
23 Mei 2019 17:07 WIB Wisnu Wage Pamungkas News Share :

Harianjogja.com, BANDUNG - Polri telah menangkap ratusan orang yang diduga provokator aksi 22 Mei di jakarta. Jumlah tersangka provokator kericuhan 21 dan 22 Mei di Jakarta yang diamankan pihak kepolisian ditengarai banyak dari Jawa Barat (Jabar).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan fakta ini tidak mengherankan mengingat posisi wilayahnya yang berdekatan dengan DKI Jakarta. 

"Sebagai penyangga Jakarta nggak akan jauh [massa] datang dari Banten, Jawa Barat dan Jawa Tengah," kata Ridwan Kamil di Gedung Sate, Bandung, Kamis (23/5/2019).

Ridwan Kamil menuturkan sudah berkoordinasi dengan Kapolda Jawa Barat guna memastikan perkembangan terbaru.

Menurut Ridwan Kamil, jika massa asal Jabar datang ke KPU dan Bawaslu dengan damai tidak menjadi masalah. 

"Kalau disusupi hal-hal negatif kami kembalikan ke masalah hukum. Kami mendukung upaya penegakan hukum oleh kepolisian," ujarnya.

Menurutnya para provokator, pelaku kekerasan harus dihukum sesuai perbuatan meski warga Jawa Barat. Di sisi lain, fakta ini juga menjadi bahan bagi pihaknya untuk lebih banyak melakukan sosialisasi pesan damai.

"Ini akan jadi catatan kita untuk bersemangat di Jabar mengeluarkan pesan-pesan yang lebih damai," ujar Ridwan Kamil.

Diberitakan sebelumnya, pihak kepolisian mengamankan lebih dari 200 pelaku yang diduga menjadi provokator pemicu kerusuhan di sejumlah titik di Jakarta Pusat selama dua aksi demonstrasi kemarin.

 

 

 

Sumber : Bisnis.com