Advertisement

Periode Pimpinan KPK Berakhir Tahun Ini, Presiden Harus Segera Bentuk Panitia Seleksi

Aziz Rahardyan
Minggu, 12 Mei 2019 - 20:17 WIB
Budi Cahyana
Periode Pimpinan KPK Berakhir Tahun Ini, Presiden Harus Segera Bentuk Panitia Seleksi Peneliti Transparency International Indonesia Alvin Nikola dan Peneliti ICW Kurnia Ramadhana dalam diskusi Evaluasi Kinerja KPK 2015-2019, Minggu (12/5/2019) - JIBI/Bisnis Indonesia/Aziz Rahardyan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA — Indonesia Corruption Watch (ICW) mendesak Presiden Joko Widodo segera membentuk panitia seleksi KPK menjelang habisnya masa periode pimpinan KPK pada Desember 2019.

"Kalau mengacu pada empat tahun lalu, minggu ke-3 bulan Mei itu Presiden Jokowi sudah membentuk pansel," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana di kantor ICW, Minggu (12/5/2019).

"Tapi melihat potret hari ini, kami jadi pesimis [pansel dibentuk dalam waktu dekat], karena Presiden Jokowi masih berfokus pada konteks elektoral dan isu lain," tambahnya.

Sebab, Kurnia menyebut kerja pansel akan panjang, mulai seleksi administrasi, tes wawancara, meminta masukan pihak-pihak terkait, hingga mengajukan fit & proper test ke DPR RI.

Maka apabila pembentukan ini lambat, ada kemungkinan pengangkatan pimpinan KPK periode 2019 tak akan tepat waktu.

Selain itu, ICW berharap Presiden Jokowi secepatnya membuat pansel pimpinan KPK, dengan tetap memperhatikan keberpihakan para anggota pansel pada pemberantasan korupsi.

"Kami dorong agar yang dipilih Presiden Joko Widodo menjadi pansel adalah orang-orang yang memiliki profesionalitas kemampuan berpikir yang cukup tinggi dan poin pentingnya integritas," jelasnya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Catat! Ini Jadwal dan Lokasi SIM Keliling di Jogja Sabtu 27 April 2024

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 05:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement