Advertisement

Mantap, Indonesia Terlibat dalam Ajang Seni Rupa Dunia

Rayful Mudassir
Sabtu, 11 Mei 2019 - 09:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Mantap, Indonesia Terlibat dalam Ajang Seni Rupa Dunia Kepala Bekraf Triawan Munaf - Bisnis.com/Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA--Indonesia kembali berpartisipasi dalam ajang dunia. Kali ini, Indonesia terlibat dalam ajang seni rupa tertua dan terbesar di dunia, Venice Biennale atau La Biennale di Venezia.

Paviliun Indonesia mengangkat tema “Lost Verses: Akal Tak Sekali Datang, Runding Tak Sekali Tiba”. Karya ini merupakan hasil kolaborasi tim artistik yang terdiri dari Asmujo Jono Irianto sebagai kurator, Yacobus Ari Respati sebagai ko-kurator, Syagini Ratna Wulan dan Handiwirman Saputra (seniman).

Advertisement

Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan keberadaan paviliun ini merupakan representasi dari ciri khas bangsa Indonesia yang mengutamakan kebersamaan dalam keragaman—Bhinneka Tunggal Ika.

"Paviliun tidak lagi menonjolkan sosok individu sebagaimana partisipasi kami sebelumnya, melainkan merupakan akumulasi dari buah pikir banyak kepala di dalam satu kelompok kerja yang bernegosiasi di tengah kebhinekaan,” ujar Triawan Munaf melalui siaran resminya, Jumat (10/5/2019).

Sementara itu, tema paviliun ini merupakan sebuah peribahasa asal Minang yang diadaptasikan oleh tim artistik menjadi serangkaian instalasi yang terdiri dari lima komponen karya, yakni Meja Runding, Buaian, Susunan Kabinet, Ruang Merokok, dan Mesin Narasi.

Para pengunjung Paviliun Indonesia diundang untuk menikmati karya yang hadir layaknya permainan atau labirin pemikiran melalui obyek yang ditampilkan, representasi tim artistik akan representasi makna menjadi Indonesia dan persilangannya dengan seni rupa kontemporer dunia. Hal ini selaras dengan tema besar Venice Biennale 2019, yakni “May You Live in Interesting Time.”

Selain itu, kehadiran Paviliun Indonesia ini juga sejalan dengan spirit diplomasi Indonesia dengan Italia yang memasuki usia ke-70, dengan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu tema yang diangkat.

“Paviliun Indonesia ini tidak hanya hadir sebagai ekspresi untuk membicarakan respons terhadap keadaan di masyarakat, melainkan sebuah ruang dialog antarbangsa di tengah kondisi global saat ini,” ujarnya.

Paviliun Indonesia di Venice Biennale 2019 ini diselenggarakan oleh BEKRAF bersama Yayasan Design+Art Indonesia, dan terbuka untuk publik mulai 11 Mei 2019 hingga 24 November 2019. Paviliun ini dibuka secara resmi pada Rabu (8/5/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Pemadaman Jaringan Listrik di Kota Jogja Hari Ini, Cek Lokasi Terdampak di Sini

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 06:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement