Advertisement

Ini yang Dilakukan AP I agar Maskapai Menggunakan Bandara Internasional Yogyakarta

Rinaldi Mohammad Azka
Senin, 06 Mei 2019 - 20:37 WIB
Budi Cahyana
Ini yang Dilakukan AP I agar Maskapai Menggunakan Bandara Internasional Yogyakarta Penumpang keluar dari area bandara seusai mendarat dengan pesawat komersial Citilink saat penerbangan perdana di Bandara Internasional Yogyakarta, Senin (6/5/2019). - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA  - PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan berbagai cara guna menarik maskapai agar memakai Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulonprogo.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy W. Suradji menuturkan salah satu cara menarik maskapai adalah memberikan berbagai macam insentif.

Advertisement

Perseroan mengaku sudah menyiapkan insentif berupa penerapan passanger service charge (PSC) seperti yang diterapkan pada Bandara Adisutjipto (JOG) serta menggratiskan beberapa pungutan penerbangan.

"PSC sama dengan Jogja [Adisutjipto], tidak ada perubahan PSC selama masa ini, kami tetap menggunakan YOG, termasuk internasional diterapkan kita pakai YOG," katanya, Senin (6/5/2019).

Selain itu, AP I memberikan insentif berupa pembebasan biaya pendaratan (landing fee) selama 3 bulan pertama dan tiga bulan berikutnya mendapatkan potongan harga 50%. Selain itu, biaya penggunaan garbarata sampai dengan bandara beroperasi optimal pun digratiskan. Kedua insentif ini berlaku baik bagi penerbangan domestik maupun internasional. "Ini komitmen kepada semua airlines, insentif-insentif itu kita terapkan untuk memindahkan maskapai ke sini," imbuhnya.

Dia menuturkan, saat ini sudah ada Citilink yang menerbangi bandara YIA dengan rute YIA--Halim Perdanakusuma (HLP) dan HLP-- YIA sekali setiap harinya, menggunakan pesawat A-320 berkode penerbangan QG 132, QB133.

Rencananya, akan ada Batik Air, yang melayani penerbangan YIA--Palangkaraya (PKL), YIA--Bandara APT Pranoto, Samarinda (APP), YIA--Denpasar dan YIA-CGK.

"Paling cepat tanggal 10 Mei 2019, tetapi masih didiskusikan slotnya terutama di Cengkareng dan Denpasar, karena slot di sananya belum siap termasuk perputaran dari pesawatnya," paparnya.

Sementara itu, rute penerbangan internasional, sudah ada Silk Air dan Air Asia yang mengajukan penerbangan ke YIA. Silk Air mengajukan penerbangan YIA-Singapura sementara Air Asia YIA--Kuala Lumpur.

"Penerbangan internasional airline asing butuh waktu 8 minggu untuk mendapatkan slotnya, walaupun AP I sudah siap di YIA, mereka harus mengurus pairing country, dapat slot di negara sana terutama karena YIA ini hitungannya rute baru," jelasnya.

Dia berharap dalam waktu 3 bulan sudah ada penerbangan internasional yang menerbangi YIA. "Harapannya 3 bulan ya, kita menunggu kapan mereka siap membawa penumpang," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Info Stok Darah dan Jadwal Donor Darah Rabu 24 April 2024 di PMI se-DIY

Jogja
| Rabu, 24 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement