Pengamat Nilai Jokowi dan Prabowo Langgar Batas Waktu Debat

Calon Presiden dalam Pilpres 2019 Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Capres Prabowo Subianto di sela-sela pengambilan nomor urut pasangan calon untuk pemilihan Presiden 2019, di kantor KPU, Jakarta, Jumat (21/9/2018). - Reuters/Darren Whiteside
30 Maret 2019 23:47 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie, menilai kedua capres baik Joko Widodo maupun Prabowo Subianto melanggar soal batas atau limit waktu dalam menyampaikan pernyataannya di debat capres keempat Pilpres 2019.

"Debat ini paling panas diantara debat-debat yang lain. Tapi keduanya banyak pelanggaran yaitu bicara tak berhenti kendati moderator sudah menghentikan," kata Jerry menanggapi debat capres keempat, di Jakarta, Sabtu (30/3/2019) malam.

Menurut dia, Prabowo beberapa kali melanggar tata tertib saat menjelaskan, khususnya mengenai soal pemerintah yang bersih bebas korupsi.

"Bagaimana menciptakan pemerintahan yang bersih, bila aturan debat dilanggar. Pemimpin bukan hanya talk only or talk more but an action. Harus paham time management [manajemen waktu]," ujar Jerry.

Mengenai pernyataan Prabowo bahwa Indonesia tidak terlalu dihormati karena utang banyak dan mata uang lemah. "Tapi ukurannya apa, indikatornya apa? Kalau bicara harus tepat dan sistematis serta mampu menjabarkan biar publik paham bukannya gagal paham," katanya

Pernyataan Prabowo dalam debat keempat ini banyak lari dari teks dan topik. Dan kata berulang-ulang disampaikan. Bahasa Inggris pun tak diterjemahkan dengan baik.

Komisi Pemilihan Umum menyelenggarakan Debat Ke-4 Pilpres 2019. Debat pada kali itu mengangkat tema ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.

Sumber : Antara