Advertisement

Polisi Selidiki Kemungkinan Sabotase Terbakarnya 30 Hektare Lahan di Riau

Newswire
Kamis, 21 Maret 2019 - 03:17 WIB
Sunartono
Polisi Selidiki Kemungkinan Sabotase Terbakarnya 30 Hektare Lahan di Riau Gunung Sindoro alami kebakaran hutan. - Twitter/@Sutopo_PN

Advertisement

Harianjogja.com, RIAU--Kebakaran hebat melanda lahan seluas 30 hektare milik PT Tani Subur Makmur (TSM) yang merupakan salah satu perusahaan kelapa sawit di Riau. Polisi saat ini menyelidiki kemungkinan adanya kesengajaan terbakarnya lahan tersebut.

Kebakaran di kebun sawit milik PT TSM berada di Desa Sei Guntung Hilir, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). Areal yang terbakar merupakan lahan semak belukar. Kebakaran ini terjadi sejak beberapa hari lalu.

Advertisement

"Proses terhadap kejadiaan tersebut sedang dilakukan penyelidikan. Status lahan tersebut adalah status quo (belum boleh digunakan-red)," ujar Kapolres Ihhu, AKBP Dasmin Ginting Rabu (20/3/2019).

Dia menjelaskan, upaya pemadaman di lahan perusahaan terus dilakukan oleh tim gabungan dari BPBD, Manggala Agni, TNI dan Polri. Namun hari ini, tim sudah berhasil menguasai kobaran api.
"Kita sudah berupaya melakukan langkah pemadaman dan melokalisir lokasi dengan melibatkan semua unsur terkait," katanya.

Sementara itu, Humas Polres Inhu, Aipda Misra menyebut bahwa lahan yang terbakar itu merupakan lahan tidur dan bergambut. "Pemadaman dilakukan dengan menggunakan mesin air dan mibil pemadam. Tim melakukan pembasahan, namun kondisi lahan masih mengeluarkan asap," kata Misra.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau hari ini terjadi di 11 kabu Kabupaten Pelalawan yang merupakan tempat habitan Gajah Sumatera. Api juga mendekati kawasan Suaka Margasatwa (SM) Kerumutan di Kabupaten Inhu yang merupakan habitat Harimau Sumatera, yang keberadaannya semakin langka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok Darah dan Jadwal Donor Darah di Wilayah DIY Jumat 26 April 2024

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement