Advertisement

Pilihan Hampir Final, Debat Pilpres Hanya Jadi Hiburan?

Newswire
Selasa, 19 Februari 2019 - 22:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pilihan Hampir Final, Debat Pilpres Hanya Jadi Hiburan? Mahfud MD. - Sntarafoto/Reno Esnir

Advertisement

Harianjogja.com, PURWOKERTO--Pakar hukum tata negara Mohammad Mahfud MD menilai debat calon presiden dan calon wakil presiden terkesan biasa saja dan lebih banyak bermuatan hiburan.

"Sejak dulu kalau ada debat capres ada kontroversi, yang mendukung A bilang ini baik, yang mendukung satunya bilang ini salah. Itu biasa saja," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (19/2/2019) siang.

Advertisement

Mahfud mengatakan hal itu kepada wartawan usai menjadi pembicara kunci dalam acara Dialog Kebangsaan Seri IV dengan tema "Mengokohkan Kebangsaan: Menjaga Nalar Sehat dan Berbudi" yang digelar di halaman Stasiun Purwokerto.

Akan tetapi sebenarnya, kata dia, debat capres itu lebih banyak pada hiburan karena pilihan setiap orang saat sekarang sudah hampir final.

"Sekian orang sudah menjadi [atau] menetapkan pilih si A, sekian orang si B, sisanya 'swing voters' atau belum menentukan itu tidak banyak. Mungkin berbaginya tidak mutlak kepada yang satu sehingga nanti, ya kita nikmati saja," kata Ketua Gerakan Suluh Kebangsaan itu.

Menurut dia, penonton debat capres tetap banyak tetapi terhadap pemilih tidak banyak karena sudah lebih dari 85 persen telah punya pilihan yang terbagi ke dua pasangan capres dan cawapres. Sementara sisanya, akan berbagi ke masing-masing pasangan capres dan cawapres.

"Itupun biasanya kaum rasional. Nah, kaum rasional itu juga tidak terlalu terpengaruh dengan slogan-slogan," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu.

Akan tetapi bagi rakyat, kata dia, senang dengan adanya kampanye pemilu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PKB Tetap Usung Abdul Halim Muslih untuk Pilkada 2024

Bantul
| Kamis, 18 April 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement