Khofifah-Emil, Sah Jadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim

Ilustrasi Khofifah Indar Parawansa (tengah) saat masih menjabat sebagai Mensos memberikan kartu debit BNI 46 untuk bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) di Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial di Jl. Purwomartani, Kalasan, Sleman, Rabu (23/82017). - Harian Jogja/Gigih M.Hanafi
13 Februari 2019 20:37 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Presiden Joko Widodo melantik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak menjadi Gubernur dan Wakil gubernur Jawa Timur di Istana Negara, pada Rabu (13/2/2019). Khofifah-Emil kini telah resmi menjadi orang nomor satu dan nomor dua di Jawa Timur.

Acara pelantikan didahului dengan proses penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden RI kepada Khofifah dan Emil. Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Presiden Jokowi.

Acara dilanjutkan kembali dengan penandatanganan berita acara pelantikan. Pelantikan Khofifah dan Emil berdasarkan surat Keputusan Presiden Nomor 2/P Tahun 2019 tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur.

"Sebelum saudara mengucapkan sumpah berkenaan dengan pengesahan dan pengangakatan saudara sebagai gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur masa jabatan 2019 -2024. Bersediakah saudara diambil sumpah jabatan,"ujar Jokowi saat pelantikan.

"Bersedia," jawab Khofifah dan Emil.

Jokowi kemudian melantik Khofifah dan Emil seraya memandu membacakan sumpah dan jabatan. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur, sebagai wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar RI 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya selurus-lurusnya serta berbakti pada masyarakat nusa dan bangsa," kata Jokowi yang diikuti Khofifah dan Emil.

Sebelumnya, dari hasil penghitungan suara KPU Jawa Timur pasangan Khofifah dan Emil yang diusung oleh koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem, memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55 persen.

Sedangkan pasangan nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra, memperoleh 9.076.014 suara atau 46,5 persen.

Dalam acara pelantikan hadir Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Mufidah Jusuf Kalla, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi, Menteri BUMN Rini Soemarno, Jaksa Agung M Prasetyo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Selain itu ada Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Kemudian hadir pula Ketua MPR Zulkifli Hasan, Ketua DPD Oesman Sapta Odang, Ketua Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum PPP Romahurmuziy.

Sumber : Suara.com