Advertisement

Sumur Minyak Baru Ditemukan di Iran

Dika Irawan
Kamis, 24 Januari 2019 - 03:25 WIB
Budi Cahyana
Sumur Minyak Baru Ditemukan di Iran Ladang minyak di Iran. - Reuters/Raheb Homavandi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Iran menemukan sumur minyak baru di wilayah barat daya, Abadan, yang cukup melimpah. Menteri Perminyakan Bijan Zanganeh seperti dikutip oleh kantor berita Mehr, Rabu (23/1/2019), mengatakan, minyak itu ditemukan pada kedalaman 3.570 meter di sumur eksplorasi.

"[Minyak tersebut] sangat ringan dan manis", kata Zanganeh dilansir dari Reuters, Rabu (23/1/2019).

Advertisement

Menurut dia, ini adalah kali pertama cadangan minyak ditemukan di wilayah tersebut. Meski begitu, dia tidak memberikan perkiraan berapa banyak minyak yang terkandung dalam sumur tersebut.

Iran tidak dapat dipisahkan dari pasar energi global karena cadangan minyak dan gasnya yang besar. Presiden Iran Hassan Rouhani, menurut situs resmi kepresidenan, mengatakan, negaranya tidak memiliki kendala berarti dalam memasarkan komoditas tersebut.

"Untungnya kami mengejar berbagai jalur dan jalan untuk menjual minyak dan kami melewati sanksi Amerika dengan bangga," katanya.

Sementara itu, produsen besar minyak lainnya, Kazakhstan berencana meningkatkan kapasitas energi terbarukan mereka dari 531 megawat menjadi 1.100 megawat hingga 1.200 megawat pada tahun ini.

Menteri Energi Kanat Bozumbayev mengatakan, Pemerintah Kazakhstan telah menandatangani perjanjian untuk mengucurkan  dana senilai  100 miliar tenge [US$ 264juta] dalam investasi energi terbarukan," katanya dikutip dari Bloomberg, Rabu (23/1/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement