Advertisement

Polisi Bantah Belasan Makam di Magelang Dirusak karena Sentiman Agama, Ini Alasannya

Newswire
Kamis, 03 Januari 2019 - 21:50 WIB
Bhekti Suryani
Polisi Bantah Belasan Makam di Magelang Dirusak karena Sentiman Agama, Ini Alasannya Ilustrasi permakaman - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, MAGELANG– Polisi membantah perusakan belasan makam di Magelang karena berlatar agama.

Polres Kota Magelang memastikan perusakan sejumlah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Giriloyo bukan akibat sentimen agama atau SARA. Saat ini, polisi masih mengejar pelaku perusakan makam seluas 16, 8 hektare tersebut.

Advertisement

"Ini yang dirusak bukan hanya makam Kristiani. Ada makam Muslim juga yang dirusak. Terdapat 12 makam yang dirusak, terdiri dari 11 makam Kristiani dan satunya lagi makam Muslim," kata Kapolres Kota Magelang, AKBP Kristanto Yoga Darmawan, Kamis (3/1/2019).

Polisi mengaku terkendala mencari ahli waris masing-masing makam untuk dimintai keterangan. Sebab, kebanyakan makam yang dirusak diperkirakan sudah tua sehingga tak mudah melacak keberadaan ahli waris atau keluarganya.

"Kita kerepotan untuk mencari ahli waris. Karena makam yang diduga dirusak itu mayoritas makam sudah tua. Kita sudah memeriksa saksi terkait laporan adanya perusakan makam yakni pelapor dan penjaga makam," jelasnya.

Makam-makam yang dirusak itu rencananya akan direnovasi terutama di bagian nisan. Sementara untuk menenangkan warga, polisi beserta Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) dan Pemkot Magelang juga telah menggelar pertemuan.

“Kita meminta seluruh warga masyarakat untuk tidak terpancing isu SARA. Termasuk mengaitkan dengan tahun politik, itu juga tidak perlu. Yang pasti itu adalah tindakan kriminal. Pelaku bisa dijerat Pasal 406 KUHP tentang perusakan," tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Usulan Formasi PPPK-CPNS 2024 Disetujui Pusat, Pemkab Bantul: Kami Tunggu Kepastian Alokasinya

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement