Moeldoko Sebut Penggantian Menpan-RB Dipicu Pertimbangan Psikologis

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko - Bisnis Indonesia/Dwi Prasetya
15 Agustus 2018 15:17 WIB Newswire News Share :

Harianjogja.com, JAKARTA-Penggantian Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) dilakukan karena pertimbangan psikologis. Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko.

Presiden Joko Widodo telah melantik Komjen Pol Syafruddin menjadi Menpan-RB menggantikan Asman Abnur di Istana Negara pada Rabu (15/8/2018).

"Ya mungkin pertimbangan psikologis, mungkin ya, karena komposisi dari partai pendukung sehingga merasa tidak nyaman begitu," kata Moeldoko di gedung KPK, Jakata, Rabu.

Moeldoko mendatangi gedung KPK untuk menghadiri Konferensi Bersama Tim Nasional Pencegahan Korupsi "Kolaborasi Cegah Korupsi".

Sebelumnya, Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan bahwa Asman Abnur sudah "legowo" (menerima) mundur dari Kabinet Indonesia Kerja karena perbedaan preferensi politik.

Moeldoko pun menyatakan bahwa tidak ada paksaan agar Asman mengundurkan diri.

"Sementara sih enggak ya, baik-baiklah ya, sangat baguslah ya," ungkap Moeldoko.

Terkait penunjukan Syafruddin sebagai Menpan-RB, ia menyatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah memiliki pertimbangan yang matang.

"Kan begini semua itu ada "talent scouting" ya, ada bagaimana Presiden melihat seseorang kapasitasnya, berikutnya integritasnya sehingga saya pikir sudah dipikirkan dengan baik," kata Moeldoko.

Sumber : Antara