Advertisement

Akan Dipugar, Candi Perwara di Kompleks Candi Plaosan Ini Diregistrasi

Kusnul Isti Qomah
Sabtu, 14 April 2018 - 07:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Akan Dipugar, Candi Perwara di Kompleks Candi Plaosan Ini Diregistrasi Registrasi candi perwara nomor 25 di Kompleks Candi Plaosan, Klaten, Jateng, Kamis (12/4/2018). - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, KLATEN-Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah mulai melakukan registrasi candi perwara nomor 25 di kompleks Candi Plaosan, Klaten, Jawa Tengah. Proses registrasi dilakukan mulai Kamis (12/4/2018).

Juru Pugar Candi Plaosan Waliman mengatakan, proses registrasi dilakukan lantaran candi tersebut akan direstorasi atau
dipugar. "Saat ini kami melakukan proses registrasi foto dan gambar. Per lapis kita gambar detail dan kemudian difoto," ujar
dia kepada Harianjogja.com di Candi Plaosan, Kamis (12/4/2018).

Advertisement

Ia mengatakan, registrasi gambar dan foto ini dilakukan agar saat proses pengembalian, bisa sesuai dengan kondisi semula dan tidak ada kesalahan.

Sementara itu, penentuan candi mana yang akan dipugar hal tersebut tergantung dari tim persiapan. "Ada yang namanya pencarian data bangunan, setelah itu hasil pencarian. Kita cari data yang akurat apa ini [bagian candi] itu untuk candi ini atau yang lain," papar dia.

Setelah terkumpul bagian candi minimal 70-75%, candi tersebut baru bisa dinyatakan dipugar. Namun, harus dipastikan juga
letak candi tersebut secara tepat. Proses persiapan dan pencarian data bisa memakan waktu tahunan, sedangkan pemugaran bisa mencapai tujuh bulan.

"Kalau yang ini [candi perwara nomor 25] sudah 90 persen lebih. Selain itu, ada dua candi lagi di bagian barat yang siap dipugar," jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Kamis 25 April 2024

Jogja
| Kamis, 25 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement