Advertisement

PETIR PRAU : 3 Pendaki Ternyata Berteduh di Dekat Tower

Budi Cahyana
Senin, 24 April 2017 - 20:22 WIB
Galih Eko Kurniawan
PETIR PRAU : 3 Pendaki Ternyata Berteduh di Dekat Tower Evakuasi korban tersambar petir pendaki Gunung Prau, Jawa Tengah, Minggu (23/4/2017). (JIBI/Harian Jogja - Budi Cahyana)

Advertisement

Mereka meregang nyawa diduga karena efek jilatan petir di menara

Harianjogja.com, WONOSOBO—Sebanyak tiga pendaki Gunung Prau, kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, tewas tersambar petir, Minggu (23/4/2017). Mereka meregang nyawa diduga karena efek jilatan petir di menara (tower) seluler yang dampaknya jauh lebih merusak akibat medan listrik yang lebih kuat.

Advertisement

Baca juga : http://www.harianjogja.com/baca/2017/04/24/kecelakaan-wonosobo-3-pendaki-gunung-prau-tewas-tersambar-petir-811950">KECELAKAAN WONOSOBO : 3 Pendaki Gunung Prau Tewas Tersambar Petir

Ketiga korban meninggal itu merupakan bagian rombongan pendaki yang berjumlah 11 orang dari Jakarta Timur dan Depok, Jawa Barat. Mereka mendaki Prau dari Desa Patakbanteng, Kecamatan Kejajar, pada Sabtu (22/4/2017) sore. Setelah menghabiskan malam di puncak, para pendaki turun gunung pada Minggu siang. Kala itu, Prau dan sebagian besar kawasan Wonosobo diguyur hujan lebat.

Sesampai di dekat tower yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Desa Patakbanteng, para pendaki yang kelelahan mendirikan tenda. “Mereka istirahat untuk berteduh dan makan,” ujar Budi Cahyaningsih, di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Setjonegoro Wonosobo, Senin (24/4/2017). Budi adalah kerabat Danang Yudi Asmoro, 28, penduduk Cipinang, Jakarta Timur, korban yang terluka akibat jilatan petir.

Saat para pendaki berteduh, petir dua kali menyambar di sekitar tower. Tiga pendaki kena sambaran dan meninggal akibat luka bakar yang cukup serius. Mereka adalah Deden Maulana Hidayat, 30, warga Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat; Aditya Agung Darmawan, 29, warga Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, dan Adi Setiawan, 29, tetangga Aditya. Dua lainnya juga disambar petir dan terluka, yakni Danang dan Syaiful Ulum, 35, warga Kelurahan Klendep, Jakarta Timur.

Danang, menurut Budi, mengalami luka bakar dari leher hingga punggung. Dia kesulitan menelan makanan dan minuman. “Danang sempat pingsan dan tidak ingat siapa orang yang pertama kali menolongnya,” kata Budi.

Sementara, enam orang lainnya mengalami trauma. Tim evakuasi gabungan dari Tim SAR, Polres Wonosobo, PSC 119 Dinas Kesehatan Wonosobo, Puskesmas Kejajar dan Garung, dan penduduk sekitar Gunung Prau mengevakuasi mereka dari pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Galih Raditya, petugas Puskesmas Garung, yang mendampingi korban trauma menuju RSUD Wonosobo mengatakan evakuasi berlangsung cukup lama karena hujan lebat dan lokasi yang sulit dijangkau. Salah satu korban selamat, ujar Galih, mengatakan rekannya yang meninggal menghidupkan ponsel saat petir menyambar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Ini Rekayasa Lalu Lintas yang Disiapkan Polres Bantul Untuk Atasi Kemacetan saat Libur Lebaran

Bantul
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement