Advertisement

Kejadian Tak Biasa, Air Terjun Sedudo Berubah Warna Jadi Hitam

Rayful Mudassir
Rabu, 14 November 2018 - 12:17 WIB
Kusnul Isti Qomah
Kejadian Tak Biasa, Air Terjun Sedudo Berubah Warna Jadi Hitam Air Terjun Sedudo berubah menjadi hitam. - Twitter/@Sutopo_PN

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA-Sebuah fenomena terjadi di Air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur. Air terjun tiba-tiba berwarna hitam pekat. Fenomena ini diduga akibat debit air yang membawa material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan kejadian tersebut hanya terjadi sesaat. Pemandangan air hitam ini sempat direkam oleh seorang petugas polisi.

Advertisement

"Berubahnya warna hitam air terjun Sedudo di Nganjuk Jawa Timur bukan aliran pasir. Tetapi material abu bekas kebakaran hutan saat kemarau sebelumnya," kicaunya di akun twitter @Sutopo_PN, Rabu (14/11/2018).

Dalam kicauannya, Sutopo turut menyebarkan sebuah video yang diduga direkam oleh seorang anggota kepolisian. Video itu memperlihatkan kondisi air terjun tidak seperti biasanya. Jika saat normal air terlihat berwarna putih, namun dalam rekaman itu terlihat debit air berwarna hitam.

Menurutnya, bekas kebakaran di daerah hulu ditambah dengan hujan yang melanda wilayah itu menyebabkan debit air membawa bekas kebakaran hutan tersebut. Namun tidak dijelaskan kapan fenomena aneh itu terjadi.

"Hujan dibagian hulu menghanyutkan material kebakaran hutan sehingga debit air terjun berwarna hitam. Kejadian hanya sesaat," kicaunya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement