Advertisement

Dengan Sistem Ini, Seleksi CPNS Dijamin Bebas dari Kecurangan

Newswire
Jum'at, 21 September 2018 - 17:17 WIB
Nina Atmasari
Dengan Sistem Ini, Seleksi CPNS Dijamin Bebas dari Kecurangan Peserta ujian calon pegawai negeri sipil (CPNS) mnengerjakan soal menggunakan metode computer Assisted Test (CAT) di Graha Soloraya kantor Bakorwil II Gladak, Solo, Kamis (16/10). - Solopos/Ardiansyah Indra Kumala

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Pemerintah akan melaksanakan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan seluruh proses seleksi akan bebas dari kecurangan. Termasuk dalam proses administrasi yang mana pemeriksaannya dilakukan oleh verifikator masing-masing Kementerian dan Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Kepala Biro Humas BKN Muhammad Ridwan mengatakan, pihaknya menjamin proses seleksi administrasi juga akan berlangsung jujur dan adil. Sebab, BKN juga memiliki sistem yang dikhususkan untuk memantau verifikator.

Advertisement

"Akan ada pengecekan lagi administratornya. Jadi ketahuan verifikatornya siapa juga ketahuan. Ini untuk investasi asing lebih lanjut jika diperlukan," ujarnya kepada Okezone, Jumat (21/9/2018).

Jika ditemukan sebuah kejanggalan, maka BKN akan melakukan investigasi lebih lanjut. Artinya, verifikator juga tidak bisa sewenang-wenang untuk memberikan nilai atau bahkan bermain mata ketika seleksi administrasi berlangsung.

"Itu yang akan terjadi di daerah kita memberikan wewenang kepada daerah. Tapi kita juga tahu bagaimana menggali mereka spend of controlnya benar benar kami jaga," jelasnya.

Selain itu lanjut Ridwan, para pelamar juga tidak perlu khawatir akan ada kecurangan. Sebab hasil tes seleksi administrasi beserta alasannya (jika tidak lolos) akan di publish di portal SSCN.

"Saya sampaikan beberapa kali pada saat selesai administrasi keluar hasilnya dan muncul lolos atau tidak," ucapnya.

Selain itu, BKN juga tidak tinggal diam dan akan melakukan pengecekan kembali adminstrasi dari para pelamar. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kecurangan kecurangan khususnya di Pemerintah Daerah.

"Di awal dan di akhir pengecekan administrasi saat pemberkasan," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Alert! Stok Darah di DIY Menipis, PMI Dorong Instansi Gelar Donor Darah

Jogja
| Sabtu, 20 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement