Advertisement

Bukan Bom, Puslabfor Ungkap Penyebab Ledakan di Ruko Jaksel

Newswire
Kamis, 12 Juli 2018 - 16:52 WIB
Nina Atmasari
Bukan Bom, Puslabfor Ungkap Penyebab Ledakan di Ruko Jaksel Ledakan di ruko Grand Wijaya Centre, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018) subuh. - Suara.com/Agung Shandy Lesmana

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Ledakan terjadi di ruko Grand Wijaya Center, Blok F, Jalan Wijaya II, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018) pagi.

Kepala Bidang Metalurgi Forensik Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Bareskrim Polri, Kombes Ulung Kanjaya menjelaskan hasil analisa timnya menyebutkan ledakan itu dipastikan akibat kebocoran tabung gas.

Menurut Ulung, pihaknya tidak menemukan ventilasi udara di dapur kantor konsultan properti yang terletak di lantai satu. Akibatnya, saat tabung gas 12 kilogram itu bocor mengendap dan menyebar ke ruangan lainnya.

"Penyebab ledakannya itu adalah akibat kebocoran, itu gas itu akan keluar pertama kali mengisi ruangan dapur yang kecil dan pengap. Kemudan karena runganya tertutup keluar menuju ruangan kantor yang di bawah itu," kata Ulung di lokasi, Jakarta Selatan, Kamis (12/7/2018).

Polisi menduga gas itu bocor di bagian sambungan selang regulator ke kompor gas. Meski begitu, untuk mengetahui secara pasti tim Puslabfor Polri masih perlu mendalami penyebab bocornya gas itu melalui barang bukti yang telah disita di kantor tersebut.

"Penyebab ledakan di sini adalah akibat adanya kebocoran gas bukan dari tabung. Itu dari sistem sambungan antara regulator dengan kompornya atau kompornya itu, nanti kita perdalam di lab," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, ledakan tabung gas itu terjadi pada pagi tadi, sekira Pukul 04.20 WIB. Dentuman yang diduga bom sempat mengegerkan warga setempat, namun setelah petugas kepolisian tiba dan menyisir lokasi ternyata ledakan itu berasal dari tabung gas 12 kilogram.

Setidaknya 11 bangunan rusak akibat terkena ledakan di kantor konsultan properti tersebut. Beruntung tidak ada korban jiwa, hanya mengakibatkan dua pedagang kaki lima luka-luka akibat terkena serpihan kaca saat ledakan.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : okezone.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Libur Lebaran Telah Usai, Layanan di Dinas Dukcapil Jogja Kembali Normal

Jogja
| Selasa, 16 April 2024, 15:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement