Advertisement

Lombok Diguncang Gempa, Warga Diminta Tak Percayai Informasi Simpang Siur

Martin Sihombing
Rabu, 13 Juni 2018 - 21:26 WIB
Nugroho Nurcahyo
Lombok Diguncang Gempa, Warga Diminta Tak Percayai Informasi Simpang Siur Lombok diguncang gempa, Rabu (13/6/2018) - ANTARA

Advertisement

Harianjogja.com, MATARAM -  Gempa bumi 3,8 pada skala Richter mengguncang Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Rabu, pukul 19.23 WITA, namun tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan pusat gempa bumi tersebut di darat pada koordinat 8,49 lintang selatan dan 116,07 bujur timur. "Tepatnya pada jarak sekitar 10 kilometer arah barat laut Mataram, Ibu Kota NTB dengan kedalaman 10 km," kata Kepala Stasiun Geofisika Mataram Agus Riyanto.

Peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi tersebut menimbulkan guncangan di Lombok Utara II skala intensitas gempa (SIG) BMKG, atau III modified mercalli intensity (MMI). Sedangkan di Mataram I SIG-BMKG atau II MMI.  Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban akibat gempa bumi.

Agus menjelaskan gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi "intraplate" dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas sesar lokal. "Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami," ujarnya.

Kepada warga di wilayah Lombok Utara l, dan sekitarnya diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

AHY Menegaskan Tidak Akan Ada Lagi Asal Menggusur di IKN

Jogja
| Jum'at, 26 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement