Advertisement

Daerah di Sumatra Ini Legalkan Ternak Ditembak Mati saat Berkeliaran

Bhekti Suryani
Sabtu, 14 April 2018 - 15:50 WIB
Bhekti Suryani
Daerah di Sumatra Ini Legalkan Ternak Ditembak Mati saat Berkeliaran Ilustrasi ternak. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, MUKOMUKO- Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengku membuat aturan baru yang membolehkan ternak berkeliaran di malam hari ditembak mati.

Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, membuat peraturan bupati yang melegalkan penembakan hewan ternak sapi, kerbau, dan kambing yang dilepasliarkan pada malam hari di jalan raya dan permukiman penduduk di daerah itu.

Advertisement

"Hewan ternak yang dilepasliarkan pada malam hari bisa ditindak tegas tegas ditembak di tempat," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Mukomuko Ramdani di Mukomuko, Sabtu (14/4/2018).

Dinas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran telah mengusulkan peraturan bupati (perbup) untuk mempertegas Peraturan Daerah (Perda) No.26/2011 tentang Larangan Melepasliarkan Hewan Ternak di Jalan Raya dan Fasilitas Umum di daerah itu.

Ia mengatakan, instasinya mengusulkan perbup tersebut karena perda setempat banyak kelemahan.

Selain melegalkan penembakan hewan ternak yang dilepasliarkan pada malam hari, katanya, termasuk hewan ternak yang pada saat ditangkap membahayakan petugas.

Ia menyatakan, instansinya melibatkan aparat kepolisian resor setempat untuk menertibkan hewan ternak yang dilepasliarkan di jalan raya dan fasilitas umum di daerah itu.

Ia optimististis perbup tersebut mampu mengatasi permasalahan hewan ternak yang dilepasliarkan di daerah tersebut."Kalau kami masih dipercaya selama tahun ini, kami siap mengatasi masalah hewan ternak di jalan raya dan fasilitas umum di daerah ini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

12 Kampung Jadi Kampung Panca Tertib Tahun Ini

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement