Advertisement

Menyokong Kawasan Borobudur, Pj Gubernur Jateng Resmikan Pemanfaatan MAJT An Nuur Magelang

Media Digital
Sabtu, 26 Oktober 2024 - 20:47 WIB
Maya Herawati
Menyokong Kawasan Borobudur, Pj Gubernur Jateng Resmikan Pemanfaatan MAJT An Nuur Magelang Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meresmikan pemanfaatan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) An Nuur Kabupaten Magelang, Sabtu (26/10 - 2024). / ist

Advertisement

MAGELANG—Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meresmikan pemanfaatan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT)  An Nuur Kabupaten Magelang, Sabtu (26/10/2024).

Keberadaan masjid yang dibangun sejak 2022 lalu itu guna mendukung daerah Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Advertisement

Masjid yang berlokasi di Jalan Raya Soekarno Hatta, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang ini berdiri di atas lahan milik Pemkab Magelang seluas 1,9 hektar dan milik Pemprov Jateng seluas 3,2 hektar.

Fasilitasnya yang disediakan di antaranya ruang sholat yang bisa menampung 8.000 jamaah. Selain itu juga terdapat ruang Islamic Center yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan keumatan, ruang rapat, dan poliklinik.

Nana Sudjana  mengatakan, fasilitas yang di MAJT Magelang tersebut selain untuk beribadah, juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat muamalah.

“Kami harapkan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan muamalah yang sifatnya sosial,  pendidikan keagamaan, dan ekonomi Syariah," ujar Nana saat acara peresmian.

Nana berharap, karena masjid tersebut dekat dengan lokasi wisata Borobudur, sehingga bisa menjadi salah satu obyek wisata religi.

BACA JUGA: Polda Jawa Tengah Mulai Menyidik Kasus Dugaan Pemerkosaan Dua Remaja di Purworejo

Adapun untuk melengkapi sarana dan prasarana masjid tersebut, dipenuhi melalui hasil kerja sama dan bantuan berbagai pihak. Antara lain dari Baznas Jateng, Bank Jateng, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng.  Beberapa sarana prasarana pendukung yang diberikan adalah mesin pembersih lantai, karpet, pembatas area sholat, fasilitas listrik, dan lainnya.

Ketua Dewan Nasehat Pengelola MAJT  An Nuur, Sumarno menambahkan, rencananya pada  tahun 2025 akan dilakukan pengembangan pembangunan masjid tersebut.

 "Kami akan menuntaskan pembangunan kawasan MAJT ini dengan merehab masjid agung yang lama dan juga penataan bekas pengadilan agama dan dinas kesehatan," kata Sumarno yang juga merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah ini.

Selain itu, juga akan dilakukan penyempurnaan pedestrian , taman, area parker,  serta pemasangan CCTV di sejumlah titik. (***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Didukung Tokoracing.com, Dragnight Competition Diikuti Peserta Se-Pulau Jawa

Gunungkidul
| Sabtu, 26 Oktober 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement