Advertisement

Jokowi Ungkap Telah Membangun 44 Bendungan Selama 10 Tahun Menjabat

Alifian Asmaaysi
Senin, 26 Agustus 2024 - 13:37 WIB
Ujang Hasanudin
Jokowi Ungkap Telah Membangun 44 Bendungan Selama 10 Tahun Menjabat Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta rombongan meninjau Bendungan Margatiga, Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung, Senin (26/08/2024). - Ist / BPMI Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap telah membangun 44 bendungan selama dirinya menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia sejak 2014 hingga 2024.

Jokowi menjelaskan, komitmennya membangun infrastruktur pada sektor air tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia yang dapat difungsikan sebagai air baku, mengairi irigasi hingga mereduksi banjir.

Advertisement

Terbaru, dirinya meresmikan Bendungan Margatiga di Provinsi Lampung yang dilaporkan menghabiskan uang negara mencapai Rp846 miliar.

“Ini bendungan yang ke-44 yang saya resmikan dalam 10 tahun terakhir. Ini nanti betul-betul bisa berfungsi baik untuk irigasi, untuk air baku, untuk listrik, untuk mereduksi banjir di sekitar bendungan” tuturnya saat meresmikan Bendungan Margatiga, Senin (26/8/2024).

Jokowi berharap dengan diresmikannya Bendungan Margatiga ini, maka produktivitas para petani dapat meningkat sehingga dapat berdampak baik pada ketahanan pangan nasional.

Adapun, Bendungan Margatiga memiliki luas genangan mencapai 2.313 hektare dan memiliki daya tampung mencapai 42 juta meter kubik.

BACA JUGA: Ada Revitalisasi Taman, Hindari Ruas Jalan Affandi Gejayan

Bendungan yang masuk ke dalam daftar Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) dan telah rampung sejak 2022.

Bendungan ini bermanfaat bagi pengairan daerah irigasi (DI) di provinsi Lampung mencapai 16.588 ha, meliputi DI Jabung Kiri seluas 5.638 Ha dan potensi DI Jabung Kanan sebesar 10.950 ha. Kemudian pasokan air baku yang akan ditambah menembus 0,8 m3 per detik untuk Kabupaten Lampung Timur.

Corporate Secretary WSKT Ermy Puspa Yunita menjelaskan, Bendungan Margatiga memiliki sejumlah fungsi lain, di antaranya sebagai konservasi air, penggelontoran air yang mencegah air asin, dan potensi pariwisata.

"Dengan panjang dan lebar puncak tersebut, Bendungan Margatiga juga diproyeksikan mampu mereduksi banjir sebesar 83,10 m3 per detik untuk sebagian wilayah di Bandar Lampung dan Lampung Timur," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pos Damkar Godean Dirampok, Satpol PP Sleman Akui Saat Kejadian, CCTV Rusak

Sleman
| Jum'at, 13 September 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement