Advertisement

Yahya Sinwar Ditunjuk Sebagai Kepala Biro Politik Hamas Penganti Ismail Haniyeh

Newswire
Rabu, 07 Agustus 2024 - 11:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Yahya Sinwar Ditunjuk Sebagai Kepala Biro Politik Hamas Penganti Ismail Haniyeh Yahya Sinwar (tengah), pemimpin Hamas di Jalur Gaza, melambai kepada para pendukungnya pada rapat umum memperingati 35 tahun berdirinya gerakan tersebut di Kota Gaza, pada 14 Desember 2022. (Xinhua - Rizek Abdeljawad)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Hamas mengumumkan penunjukkan Yahya Sinwar sebagai kepala biro politiknya yang baru sejak pada Selasa (6/8/2024).

Yahya Sinwar menggantikan almarhum Ismail Haniyeh yang tewas terbunuh di Teheran pekan lalu.

Advertisement

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar (kedua kanan) terlihat saat unjuk rasa brigade Ezz al-Din al-Qassam (sayap militer Hamas) untuk memperingati para militan yang tewas dalam pemboman Israel terhadap sebuah terowongan di Kota Gaza, pada bulan Mei 24, 2021. (Xinhua/Rizek Abdeljawad)

BACA JUGA: Hadiri Pemakaman Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh, JK Tegaskan Rakyat Indonesia Dukung Palestina Merdeka

"Kami mengumumkan pengangkatan Yahya Sinwar sebagai kepala biro politik gerakan ini, menggantikan Ismail Haniyeh," kata Hamas dalam sebuah pernyataan.

Sinwar (61) telah menjadi pemimpin Hamas di Jalur Gaza sejak 2017. Dia ditahan selama lebih dari 20 tahun di penjara Israel dan dibebaskan di bawah kesepakatan pertukaran tahanan dengan Israel pada 2011. Sinwar dianggap Israel sebagai salah satu otak serangan Hamas pada 7 Oktober 2023 terhadap Israel

Haniyeh tewas terbunuh di Teheran pada 31 Juli, yang oleh Hamas diyakini sebagai serangan "licik" Israel di kediaman Haniyeh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM Keliling di Gunungkidul, Selasa 10 September 2024

Gunungkidul
| Selasa, 10 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement