Advertisement

Fasilitas IKN untuk Perayaan HUT Kemerdekaan RI Siap 100 Persen

Akbar Evandio
Selasa, 06 Agustus 2024 - 23:47 WIB
Maya Herawati
Fasilitas IKN untuk Perayaan HUT Kemerdekaan RI Siap 100 Persen Proyek Istana Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (5/6 - 2024) / Youtube Setpres

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTAInfrastruktur dan fasilitas penunjang sudah rampung 100% untuk menyambut perhelatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 RI di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Sudah 100 persen. Maksudnya kalau dalam kondisi misalnya kalau Istana, rumah menteri, hotel, sudah. Tapi kalau yang untuk sementara di kantor-kantor Menko itu baru lantai 1,2, yang bisa dipakai nanti,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kepada wartawan seusai menghadiri undangan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bersama dengan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg), Selasa (6/8/2024). 

Advertisement

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa sejauh ini tugas kementeriannya untuk mendukung infrastruktur. Khususnya konektivitas, penginapan, akomodasi, air, listrik sudah rampung.

Nantinya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita IKN ini mengatakan bahwa pemerintah akan melaksanakan gladiresik pada Rabu (14/8/2024). Salah satunya, simulasi konektivitas transportasi oleh Polda Kalimantan Timur.

“Jadi nanti, hotelnya diatur. Seperti nanti kalau menteri habis sidang kabinet menteri keluar, gubernur masuk. Ya kan. Jadi diatur semua. Kami ada pengaturannya. Enggak seperti di sini, pada saat yang bersamaan. Tapi diatur,” kata Basuki.

BACA JUGA: Jogja, Sleman, Bantul Minta Tambahan Kuota Buang Sampah, Pemda DIY: Jangan Andalkan TPA Piyungan

Diberitakan sebelumnya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan dan bandara APT Pranoto, Samarinda menjadi bandara pengganti Bandara VVIP Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebagai tempat pendaratan pesawat Presiden dan Presiden Terpilih serta tamu VIP untuk HUT ke-79 RI mendatang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati menjelaskan progres kesiapan dua bandara tersebut sebagai pendaratan pesawat Presiden dan Presiden terpilih beserta tamu VIP.

“Untuk mendukung kegiatan HUT Ke-79 RI, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman [SAMS] Balikpapan menyediakan 4 parking stand, di mana 3 parking stand untuk pesawat Udara presiden serta presiden dan wakil presiden terpilih 1 parking stand untuk pesawat VIP lainnya,” kata Adita kepada Bisnis.com jaringan Harianjogja.com, Selasa (6/8/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Layanan SIM Keliling di Gunungkidul, Selasa 10 September 2024

Gunungkidul
| Selasa, 10 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement