Advertisement

Air Bersih di IKN Bisa Langsung Diminum Dialirkan dari IPA Sepaku

Alifian Asmaaysi
Rabu, 24 Juli 2024 - 23:07 WIB
Maya Herawati
Air Bersih di IKN Bisa Langsung Diminum Dialirkan dari IPA Sepaku Kawasan titik nol Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. ANTARA/Bagus Purwa - pri.

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Air bersih di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah dialirkan menjelang upacara perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono menjelaskan Kementerian PUPR telah melakukan tes pengaliran air ke-3 dari Instalasi Pengolahan Air Minum (IPA) Sepaku menuju reservoir induk IKN yang berada di titik tertinggi.

Advertisement

Hasil tes itu menunjukkan hasil positif dan mampu mengalirkan air bersih yang dapat diminum secara langsung ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP).

"Ini air minum, bukan hanya air bersih. Air dari keran di apartemen dan rumah di IKN langsung dapat diminum. Kami terus mengecek  kualitas airnya sebelum masuk ke reservoir. Kami berharap air minum ini sudah dapat dimanfaatkan pada beberapa hari ke depan," kata Menteri Basuki dalam keterangan tertulis Rabu (24/7/2024).

Basuki menuturkan, saat ini Kementerian BUMN tengah melakukan pengurasan sistem dan jaringan, sekaligus memonitor dengan ketat kualitas air dalam jaringan perpipaan untuk menjamin kualitas air minum yang baik, sesuai standar kesehatan yang berlaku.

Diharapkan pada akhir Juli 2024 mendatang, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku dapat beroperasi penuh melayani persil dan gedung-gedung di IKN.

Sebagai informasi, SPAM Sepaku terdiri dari IPA berkapasitas 300 liter/ detik, pipa transmisi 16 kilometer (km), reservoir dan pipa distribusi 22 km.

BACA JUGA: 45 Jemaah Haji Indonesia Masih Dirawat di Arab Saudi

SPAM Sepaku tahap I ditargetkan akan melayani Kantor dan Istana Presiden, Kemensetneg, Paspampres, kompleks Kemenko 1,2,3, dan 4, Amphiteather, Galeri, Service Area, Hunian ASN, Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) dan fasilitas umum lainnya seperti hotel, sekolah, pertokoan dan rumah sakit.

Kabar mengenai rampungnya proses distribusi air bersih ke IKN ini menyusul kabar Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal berkantor di IKN pada Juli karena air bersih di IKN belum tersedia.

"Airnya sudah siap, belum? Listriknya sudah siap, belum?  Tempatnya sudah siap belum? Kalau siap, [tinggal] pindah, " kata Jokowi beberapa waktu lalu.

Setelah distribusi air bersih ke IKN rampung dijalankan, Menteri Basuki lantas membocorkan orang nomor 1 di Indonesia itu baru mulai bertolak ke IKN pada awal Agustus 2024.  "Pak Jokowi tanggal 4 sampai 8 Agustus 2024. Rencananya ya, saya tanya itu Agustus jadinya," jelas Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement