Advertisement

Cek Akreditasi Kampus untuk CPNS 2024, Begini Caranya

Thomas Mola
Sabtu, 07 September 2024 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Cek Akreditasi Kampus untuk CPNS 2024, Begini Caranya Ilustrasi ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA– Syarat akreditasi kampus dimintai saat tahap seleksi administrasi yang ditujukan untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Data akreditasi kampus nantinya diunggah portal pendaftaran resmi CPNS di SSCASN. Akreditasi kampus digunakan untuk mengukur kompetensi pelamar.

Advertisement

Cara Cek Akreditasi Kampus dan Prodi Dilansir laman resmi LLDikti Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, berikut ini cara cek akreditasi kampus.

Sejatinya, data akreditasi kampus di seluruh Indonesia bisa dicek secara online melalui website resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dengan cara:

Buka situs resmi BAN-PT di https://www.banpt.or.id/banpt2024/

Arahkan kursor ke menu ‘Data Akreditasi’ di bagian atas laman Klik ‘Institusi (Terkini)’

Masukkan nama perguruan tinggi Laman secara otomatis akan menunjukkan hasil akreditasi berupa peringkat, nomor SK, tahun – SK, wilayah, dan tanggal kedaluwarsa Peringkat yang tertera berupa A, B, C, Baik, Baik Sekali, Unggul, Terakreditasi Sementara, dan Tidak Terakreditasi.

Adapun, akreditasi prodi juga bisa dicek pada website yang sama. Bagi anda yang hendak mengecek akreditasi prodi kampusnya, ikuti langkah-langkah berikut:

Masuk ke situs https://www.banpt.or.id/banpt2024/

Arahkan kursor ke menu ‘Data Akreditasi’ di bagian atas laman Klik ‘Program Studi (Terkini)’

Masukkan informasi perguruan tinggi dan program studi Setelahnya laman secara otomatis akan memunculkan informasi strata, wilayah, nomor SK, dan tahun SK Untuk melihat akreditasi masing-masing jenjang, klik ikon ‘+’ berwarna hijau di samping kiri nama universitas

Setelah di klik tanda akan berubah menjadi ‘-‘ dan berwarna merah Di bagian bawah nama universitas kemudian akan muncul informasi peringkat, tanggal – kedaluwarsa, dan status kedaluwarsa

Download Akreditasi Kampus dan Prodi

Berhubung menjadi syarat resmi, para pelamar perlu untuk melampirkan bukti sertifikat akreditasi kampus dan program studinya masing-masing. Sayangnya, sertifikat ini tidak dapat diunduh secara bebas di laman BAN-PT. 

Pelamar hanya bisa mendapatkan sertifikat melalui masing-masing perguruan tinggi. Umumnya, sertifikat akreditasi universitas dan prodi disediakan di laman resmi perguruan tinggi dalam format PDF.

Sertifikat itu bisa diunduh bagi calon mahasiswa atau lulusan perguruan tinggi terkait. Biasanya perguruan tinggi akan menyediakan portal khusus untuk informasi tersebut.

Beberapa universitas juga menyediakan informasi akreditasi pada laman resmi masing-masing fakultas. Apabila terjadi kendala saat mengunduh di situsnya, anda bisa menghubungi pihak perguruan tinggi masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Bakal Tata Ulang Pantai Trisik, Begini Perencanaan yang Dilakukan Pemkab Kulonprogo

Kulonprogo
| Senin, 16 September 2024, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement