Advertisement

3 Wamen Baru Dilantik Jokowi Hari Ini, Ada Ponakan Prabowo Thomas Djiwandono dan Sudaryono

Annasa Rizki Kamalina
Kamis, 18 Juli 2024 - 14:27 WIB
Abdul Hamied Razak
3 Wamen Baru Dilantik Jokowi Hari Ini, Ada Ponakan Prabowo Thomas Djiwandono dan Sudaryono Presiden Joko Widodo memberikan arahan saat menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Jakarta, Rabu (28/2/2024). Antara - Bayu Pratama

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik tiga wakil menteri di tiga kementerian berbeda. Salah satunya ponakan Presiden terpilih Prabowo Subianto, yaitu Thomas Djiwandono sebagai wakil menteri keuangan.

Pelantikan ini dilakukan Jokowi pada Kamis (18/7/2024) pukul 15.00 WIB. Pelaktikan ketiga Wamen tersebut dilakukan Jokowi menjelang habis masa kepemimpinannya pada Oktober mendatang.

Advertisement

BACA JUGA: Jokowi Terima Penghargaan Sipil Tertinggi Order of Zayed dari Presiden Uni Emirat Arab

Alhasil, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan memiliki dua wakil, yakni Suahasil Nazara dan Thomas Djiwandono.

Selain Thomas Djiwandono, Jokowi akan memberikan wakil bagi Menteri Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Staf Khusus Bidang Hubungan dengan Daerah Kementerian Investasi/BKPM Tina Talisa membenarkan adanya pelantikan untuk mengisi jabatan yang kosong di posisi wakil menteri Investasi/BKPM.

Tina menuturkan bahwa Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Yuliot Tanjung akan mengisi kekosongan tersebut. “Betul [Pak Yuliot menjadi wamen],” ujarnya, Kamis (18/7/2024).

Sementara itu, Wakil Menteri Pertanian yang kini dijabat oleh Harvick Hasnul Qolbi, kabarnya juga akan diisi oleh digantikan oleh politisi dari Partai Gerindra, yakni Sudaryono.

Meski demikian, sebelumnya pihak Istana, yakni Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana enggan memerinci lebih lanjut siapa tiga orang yang akan dilantik menjadi tiga wamen baru itu.

"Posisi Wakil Menteri yang akan dilantik oleh Presiden adalah penambahan Wamenkeu, pengangkatan Wameninves dan pergantian Wamentan. Mengenai siapa nama-nama yang akan dilantik, nanti tunggu jam 15.00 WIB ya," ujar Ari.

Berdasarkan pemberitaan Bisnis sebelumnya, Ketua Tim Gugus Sinkronisasi Prabowo Subianto – Gibran Rakabuming, Sufmi Dasco buka suara terkait kabar pelantikan Thomas Djiwandono sebagai wakil menteri keuangan pada hari ini, Kamis (18/7/2024).

Wakil Ketua DPR tersebut mengakui bahwa pihaknya baru menerima kabar bahwa anggota timnya akan dilantik menjadi wakil Sri Mulyani Indrawati. “Iya, kami baru terima berita semalam bahwa rencananya akan ada pelantikan wamenkeu hari ini,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (18/7/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron Gunungkidul, Parangtritis Bantul, Candi Prambanan dan Borobudur, Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 08 September 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement