Advertisement

Hasyim Asyari Dipecat karena Kasus Asusila, KPU Bicara Nasib Pilkada

Surya Dua Artha Simanjuntak
Kamis, 04 Juli 2024 - 17:07 WIB
Arief Junianto
Hasyim Asyari Dipecat karena Kasus Asusila, KPU Bicara Nasib Pilkada Ilustrasi Pilkada / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggaransi pelaksanaan tahapan Pilkada 2024 tidak akan terganggu, meski Ketua KPU Hasyim Asy'ari dipecat oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena terbukti lakukan asusila.

Plt Ketua KPU, Mochammad Afifuddin menyatakan pihaknya akan mempercepat langkah-langkah agar bisa menghadapi tahapan Pilkada 2024 terdekat yaitu pendaftaran calon kepala daerah pada 27-29 Agustus 2024. "Kami pastikan [Pilkada 2024] tidak akan terganggu, kami akan lakukan percepatan langkah-langkah konsolidasi untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan," kata Afif di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat pada Kamis (4/7/2024).

Advertisement

Dia menjelaskan, KPU pusat sedang mengonsolidasikan semua ketua KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia di Jakarta.

KPU, lanjutnya, ingin memastikan setiap tahapan Pilkada 2024 berjalan lancar. Afif juga meminta bantuan kepada para pemegang kepentingan agar turut membantu menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024.

BACA JUGA: Tok! Hasyim Asy'ari Resmi Diberhentikan dari Jabatan Ketua

Menurutnya, KPU tidak bisa sukses tanpa bantuan pihak lain. "Kami minta dukungan para pihak, tentu kementerian/lembaga, kemudian jajaran pemerintah daerah, temen-temen jurnalis, temen-temen media, dan juga teman-teman LSM, perguruan tinggi," katanya.

Sebelumnya, DKPP resmi menghentikan Hasyim sebagai ketua sekaligus anggota KPU sesuai putusan perkara No. 90-PKE-DKPP/V/2024 yang dibacakan di Kantor DKPP, Jakarta Pusat pada Rabu (3/7/2024).

Para komisioner KPU sendiri resmi menunjukkan Afif menjadi Plt Ketua KPU untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan Hasyim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jemaah Haji Asal Bantul Mulai Dipulangkan Secara Bertahap, 3 Orang Meninggal Dunia

Bantul
| Minggu, 07 Juli 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement