Advertisement

UMKM Kuliner Berbasis Terigu Diedukasi Terkait Makanan Sehat

Newswire
Kamis, 27 Juni 2024 - 23:17 WIB
Sunartono
UMKM Kuliner Berbasis Terigu Diedukasi Terkait Makanan Sehat Foto ilustrasi pelatihan umkm. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner berbasis terigu dilatih membuat makanan yang sehat melalui gelaran Baking Demo bertema Sehat Inovatif di Jogja, Kamis (27/6/2024). Kegiatan itu menjadi bagian dari edukasi agar pelaku UMKM memperhatikan unsur kesehatan dalam setiap produk kuliner yang dihasilkan.

Para pelaku UMKM tidak hanya dilatih praktik secara langsung membuat berbagai jenis makanan berbasis terigu. Mereka juga diberikan pelatihan melalui seminar yang diisi oleh pakar di bidang makanan dan kesehatan dari Fakultas Teknologi Pangan UGM.

Advertisement

BACA JUGA : Belum Semua UMKM di Sleman Memiliki Sertifikat Halal, Biaya Pengurusan Jadi Kendala

"Melalui kegiatan ini kami mendorong agar pelaku UMKM di Jogja dan sekitarnya ini mereka bisa terus meningkatkan kualitas produk kulinernya dan sehat melalui berbagai inovasi. Mereka juga diberikan dan dilatih bagaimana resepnya," kata Marketing Manager Sriboga, Maria Wuri.

Para peserta yang mengikuti sangat antusias. Adapun jumlah total sebanyak 200 orang yang berasal dari pelaku UMKM wilayah DIY dan sekitarnya. Panca Indria Sales Manager mengatakan para pelaku UMKM ini sebagian besar merupakan industri kecil rumahan namun sudah memiliki outet dan rutin berproduksi untuk dijual. Meski ada beberapa pelaku UMKM skala besar yang juga turut serta.

"Mereka sangat antusias mengikuti. Kegiatan ini digelar sebagai bentuk eksistensi kami memberikan dorongan ke para pelaku UMKM dan baking hobbies untuk tetap berinovasi dengan resep dan terigu yang
inovatif," katanya.

Ia mengungkap saat ini ada sektar 2.000 pelaku UMKM yng diberikan pendampingan termasuk upaya memberikan edukasi dalam memproduksi makanan sehat. Pendampingan diberikan secara berkala setiap bulannya. "Banyak dari UMKM binaan ini dalam perkembangannya sudah bisa naik kelas, kualitas meningkat dan pendapatannya bertambah," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Siap Maju di Pilkada Kulonprogo, Marija Sampaikan Visi-Misinya ke 5 Partai agar Mendapat Dukungan

Kulonprogo
| Minggu, 30 Juni 2024, 16:27 WIB

Advertisement

alt

Mau Main Biliar Tetapi Tak Mau Keganggu Asap Rokok dan Vape, Coba ke Mille Billiards Saja

Wisata
| Rabu, 26 Juni 2024, 21:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement