Advertisement

Risma hingga Pramono Anung Disapkan PDIP untuk Maju Pilkada Jawa Timur

Newswire
Minggu, 30 Juni 2024 - 10:37 WIB
Ujang Hasanudin
Risma hingga Pramono Anung Disapkan PDIP untuk Maju Pilkada Jawa Timur Tri Rismaharini - Bisnis Indonesia/Wahyu Darmawan

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA— Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah mempersiapkan sejumlah kadernya untuk maju di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024. nama-nama tersebut di antaranya ada Tri Rismaharini, Abdullah Azwar Anas, hingga Pramono Anung. 

"Di Pilkada Jatim, kami memiliki sedikit banyak calon kepala daerah. Kepala daerah incumbent (petahana) misalnya, muncul beberapa nama," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat ditemui di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (29/6) malam.

Advertisement

Dia menegaskan, PDIP terus mendorong para kader internal partai untuk maju dan bekerja sama dengan pihak lainnya yang telah dilatih, baik melalui jalur birokrasi, profesional, purnawirawan, TNI/Polri, hingga kalangan pers.

Selain dari kalangan menteri, ia menyebutkan terdapat pula usulan nama kader PDIP lainnya, seperti Mochamad Nur Arifin alias Gus Ipin, Erick Cahyadi, Armuji, Ipuk Fiestiandani, hingga Achmad Fauzi untuk maju di Pilkada Jatim.

"Nama Fauzi di Sumenep ini sangat kuat sehingga tinggal merumuskan kerja sama politik saja," tuturnya.

Sejauh ini, Hasto menuturkan pihaknya telah melakukan komunikasi dengan beberapa partai seperti Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra yang sudah memberikan dukungan untuk beberapa wilayah di Jatim.

"Tetapi untuk daerah lain kami juga melakukan komunikasi politik. Ini proses yang sangat dinamis," ucap Hasto.

BACA JUGA: Pilkada Jawa Timur, Golkar Resmi Mengusung Khofifah-Emil Dardak

Sebelumnya, nama Menteri Sosial yang juga kader PDIP Tri Rismaharini santer diisukan akan bergandengan dengan mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim Kiai Haji Marzuki Mustamar dalam Pilkada Jatim 2024.

Wasekjen PKB yang ditunjuk untuk mengurus Pilkada Serentak 2024 Syaiful Huda sempat mengungkapkan tentang rencana duet Kiai Haji Marzuki Mustamar-Risma menarik untuk diusung pada Pilkada Jatim 2024.

Baca juga: Kemarin, Khofifah-Emil dijagokan di Jatim sampai Kaesang di Jakarta

Huda menjelaskan, Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKB Jatim telah berkomunikasi dengan PDIP terkait duet Marzuki-Risma tersebut.

Menurut dia, PDIP sebenarnya ingin kadernya menjadi Wakil Gubernur Jatim, berpasangan dengan Khofifah Indar Parawansa. Namun seiring berjalannya waktu, Khofifah terlihat semakin mantap kembali berpasangan dengan Emil Dardak pada Pilkada Jatim 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal Pilkada Serentak 2024 yang diselenggarakan di 37 provinsi di Indonesia. Kegiatan pemungutan suara itu akan berlangsung pada 27 November 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Korban Jual Beli Apartemen Malioboro City Kembali Gelar Demonstrasi

Jogja
| Selasa, 02 Juli 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement