Advertisement

Ketua Umum Partai di Indonesia Paling Lama Menjabat: Ada Megawati hingga Prabowo

Reyhan Fernanda Fajarihza
Minggu, 30 Juni 2024 - 11:47 WIB
Ujang Hasanudin
Ketua Umum Partai di Indonesia Paling Lama Menjabat: Ada Megawati hingga Prabowo Megawati Soekarnopoetri / Antara /Fikri Yusuf

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sejumlah ketua umum aktif partai politik di Indonesia tercatat memiliki masa jabatan panjang. Selama ini tidak ada masa jabatan ketua umum partai dalam Undang-undang Partai Politik.

Terbaru, nama Zulkifli Hasan alias Zulhas kembali direkomendasikan menjadi ketua umum (ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) pada periode selanjutnya. Rekomendasi itu disampaikan dalam ajang rapat kerja nasional (Rakernas) PAN di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan pada Sabtu (29/6/2024).

Advertisement

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menjelaskan, semua pengurus daerah partai kompak mengusulkan satu nama calon ketum yaitu Zulhas. Oleh sebab itu, Zulhas tidak punya lawan.

"Kita meminta kepada ketua umum PAN, saudaraku bang Zulkifli Hasan untuk memimpin kembali PAN pada periode selanjutnya karena berdasarkan aspirasi dan kepentingan subjektif dari partai, yang telah didukung oleh 38 DPW di tingkat provinsi dan 514 di tingkat kabupaten/kota secara tertulis," kata Yoga di sela-sela Rakernas PAN.

BACA JUGA: Kaesang Ketua Umum Partai Termuda, Megawati Tertua

Namun demikian, Zulhas bukan satu-satunya figur pemimpin parpol yang menjabat ketua umum selama beberapa periode. Terdapat pula nama Megawati Soekarnoputri di PDI Perjuangan (PDIP) hingga Prabowo Subianto di Partai Gerindra.

MEGAWATI SOEKARNOPUTRI

Megawati telah menjabat sebagai Ketua Umum PDIP sejak partai berlogo banteng moncong putih itu memisahkan diri dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) pada 1999.

Jalan yang ditempuh putri Proklamator RI Soekarno untuk menakhodai PDIP cukup panjang, terutama akibat tensi politik pada masa senja pemerintahan Orde Baru.

Pada 24 Maret 1999, Mega akhirnya mendeklarasikan pembentukan PDIP dan didapuk sebagai Ketua Umum hingga saat ini.

MUHAIMIN ISKANDAR

Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin telah menduduki jabatan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sejak 2005.

Kepemimpinan Muhaimin juga tak terlepas dari gejolak internal. Pascapemakzulan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada 2001, PKB tercatat beberapa kali mengalami dualisme kepemimpinan partai.

Namun, Cak Imin tetap dinyatakan sebagai Ketua Umum sah sepanjang periode tersebut hingga kini.

SURYA PALOH

Surya Paloh mulai menjabat sebagai Ketua Umum Partai Nasdem sejak 25 Januari 2013 silam, menggantikan Patrice Rio Capella.

Dirinya merupakan Ketua Umum Partai Nasdem kedua. Sebelumnya, selain latar belakang sebagai pengusaha, Surya Paloh juga pernah menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Golkar periode 2004-2009.

PRABOWO SUBIANTO

Prabowo Subianto didapuk sebagai Ketua Umum Partai Gerindra pada 2014 lalu, usai menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina DPP Gerindra sejak pendiriannya pada 2008.

Prabowo menggantikan posisi Ketua Umum Gerindra pertama, Suhardi, yang meninggal dunia pada 28 Agustus 2014.

Pada 20 September 2014, Prabowo terpilih secara aklamasi untuk memimpin Gerindra hingga periode ketiganya sebagai petahana saat ini.

ZULKIFLI HASAN

Zulhas terpilih sebagai Ketua Umum PAN pada 2015 lalu, menggantikan Hatta Rajasa.

Menteri Perdagangan (Mendag) ini menjadi Ketua Umum PAN keempat sepanjang sejarah. Saat ini, Zulhas tengah menjalankan periode keduanya sebagai Ketua Umum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Polda DIY Tangkap 6 Influenser Judi Online

Sleman
| Selasa, 02 Juli 2024, 11:10 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement