Advertisement

TNI Siapkan 3 Pesawat untuk Bawa Warga Palestina yang Terluka dan Dirawat di Indonesia

Newswire
Sabtu, 15 Juni 2024 - 04:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
TNI Siapkan 3 Pesawat untuk Bawa Warga Palestina yang Terluka dan Dirawat di Indonesia Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024) (ANTARA - Walda Marison)

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memastikan telah menyiapkan tiga unit pesawat untul mengangkut warga Palestina yang menjadi korban luka-luka karena perang dan dirawat di Indonesia. Ketiga pesawat tersebut dapat menampung ratusan penumpang.

Dari paparan yang dilakukan di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Agus menjelaskan tiga pesawat milik TNI AU tersebut diantaranya Boeing-737 400/500 serta Hercules C-130 tipe J dan Tipe H.

Advertisement

Untuk pesawat Boeing dapat menampung 41 crew, 86 penumpang dan logistik yang beratnya mencapai 10.000 kilogram, sedangkan untuk perawatan Hercules tipe J dapat menampung penumpang dan crew sebanyak 51 orang dan tipe H Sebanyak 55 orang.

Baca Juga: Indonesia Dorong Negara D8 Membantu Palestina

Pesawat tersebut akan beroperasi untuk mengantar warga Palestina ke Indonesia agar dapat dirawat di rumah sakit milik TNI yakni Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Panglima Besar (Pangsar) Soedirman.

Baca Juga: Indonesia Siap Kirimkan Pasukan Perdamaian ke Gaza

Dua rumah sakit tersebut dapat menampung pasien hingga 1.000 orang. Agus memastikan seluruh korban akan mendapatkan penanganan medis yang berkualitas. Selain pengobatan medis, pihaknya juga menyediakan petugas khusus mengobati trauma para warga Palestina itu.

Baca Juga: Indonesia Desak Pemberian Hak Istimewa untuk Palestina di Sidang Umum PBB

Tidak hanya itu, TNI juga telah menyiapkan bantuan lanjutan untuk dikirimkan ke Gaza berupa KRI yang akan menjadi rumah sakit apung, alutsista tambahan hingga bantuan logistik.

Agus memastikan bantuan tersebut akan dikirimkan jika gencatan senjata telah terjadi di Gaza dan pihak TNI mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Perhatikan! Jadwal KRL Jogja Solo Terbaru Selama Libur Sekolah 22 Juni-14 Juli 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu

Jogja
| Sabtu, 22 Juni 2024, 02:17 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja, Pasar Beringharjo Gudangnya Makanan Legendaris

Wisata
| Selasa, 18 Juni 2024, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement