Advertisement

Indonesia Siap Kirimkan Pasukan Perdamaian ke Gaza

Erta Darwati
Minggu, 02 Juni 2024 - 17:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
Indonesia Siap Kirimkan Pasukan Perdamaian ke Gaza Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB yang tergabung dalam Kontingen Garuda (Konga). - Antara/Jafkhairi

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Indonesia siap mengirim pasukan penjaga perdamaian ke Gaza, Palestina. Langkah itu dilakukan sebagai bentuk komitmen dari Indonesia untuk menjaga perdamaian, dan mendukung implementasi gencatan senjata di Gaza.

"Ketika diminta oleh PBB, kami siap untuk menyumbangkan pasukan penjaga perdamaian yang signifikan untuk mempertahankan dan memantau upaya gencatan senjata ini serta memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua orang," kata Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, saat menghadiri pertemuan International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-la Dialogue ke-21 di Singapura, pada Sabtu (1/6/2024).

Advertisement

Selain itu, Prabowo juga menegaskan langkah tersebut juga upaya Indonesia untuk mendukung percepatan perkembangan two-state solution guna mengatasi konflik yang terjadi di Palestina. Lebih lanjut, dia juga mengatakan bahwa Indonesia siap mengirimkan tenaga medis, untuk menutupi kebutuhan di rumah sakit lapangan di Gaza, yang tentunya perlu persetujuan dari semua pihak. "Indonesia juga sangat bersedia mengevakuasi dan merawat warga sipil Palestina yang terluka serta membutuhkan perawatan di rumah sakit lapangan," ucap Prabowo.

Baca Juga

MUI Desak Jaksa Mahkamah Pidana Internasional Segera Menangkap Netanyahu

4 Jurnalis Meninggal Dunia Akibat Serangan Udara Israel

Israel Kecewa Joe Biden Ancam Setop Pasok Senjata Setelah Rafah Dibombardir

Kemudian, dia mengaku telah diinstruksikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), bahwa Indonesia juga siap untuk mengevakuasi, menerima, dan merawat sekitar 1.000 pasien dari Gaza, dengan perawatan medis dalam waktu dekat. Prabowo mengatakan penyelidikan komprehensif terhadap bencana kemanusiaan di Rafah, Gaza, sangat diperlukan, dan menyerukan solusi yang adil untuk situasi yang terjadi saat ini di Palestina. "Itu berarti bukan hanya Israel yang memiliki hak untuk eksis, tetapi juga hak-hak rakyat Palestina untuk memiliki tanah air mereka sendiri, negara mereka sendiri, hidup dalam damai," kata Prabowo.

Adapun Prabowo dalam forum tersebut juga mengimbau seluruh pihak untuk bekerja sama mewujudkan gencatan senjata permanen dan perdamaian di antara Palestina-Israel. Selanjutnya, dia juga mengatakan bahwa Indonesia memahami betul bahwa konflik di Gaza merupakan permasalahan yang memiliki riwayat yang panjang, dan telah berlangsung lama, sehingga penyelesaiannya tentu tidak mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

74 Rumah dan 1 Gedung di Bong Suwung Bakal Dibongkar PT KAI Daop 6

Jogja
| Sabtu, 28 September 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement