Advertisement

Pemerintah Klaim Pengunduran Diri Kepala-Wakil Kepala Otorita IKN Tak Pengaruhi Investasi

Newswire
Selasa, 04 Juni 2024 - 20:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Pemerintah Klaim Pengunduran Diri Kepala-Wakil Kepala Otorita IKN Tak Pengaruhi Investasi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menghadiri groundbreaking Astra Biz Center-IKN di Ibu Kota Nusantara, Selasa (4/6/2024). Ist - astra

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil OIKN Dhony Rahajoe tak mempengaruhi investasi di IKN.

Hal tersebut diungkap oleh Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Nurul Ichwan.“Saya tidak melihat dalam waktu yang singkat ini, itu berpengaruh (investasi di IKN),” kata Nurul di sela kegiatan Road to PLN Investment Days 2024 di Jakarta, Selasa (4/6/2024).

Advertisement

BACA JUGA: Ini Rincian Kekayaan Bambang Susantono, Kepala Otorita IKN yang Baru Saja Mengundurkan Diri

Dia juga menyampaikan sejak pengunduran diri Kepala dan Wakil OIKN hingga hari ini, BKPM juga belum menerima pertanyaan dari investor. Meski begitu, Nurul tak menampik jika di kemudian hari akan ada sejumlah pertanyaan dari para investor mengenai hal tersebut.

“Tapi bisa jadi nanti akan muncul pertanyaan pertanyaan di beberapa hari ke depan. Bisa jadi muncul itu,” ucapnya.

Meski adanya pengunduran diri Ketua dan Wakil OIKN, namun menurut Nurul pemerintah memberikan jawaban guna memastikan bahwa hal itu tidak berpengaruh terhadap realisasi untuk menjadikan IKN sebagai ibu kota negara.

“Karena nanti kan isunya bisa bergerak sangat liar sekali ini, bisa dispekulasikan apakah IKN kemudian tidak jadi, atau IKN terhambat, atau IKN tidak berhasil,” tuturnya.

Presiden, lanjut Nurul, telah mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN. Menurutnya, hal itu bukti bahwa IKN tetap berlanjut.

“Pak Presiden menunjuk Pak Menteri PUPR dan Wakil Menteri ATR, ini menunjukkan keseriusan dari kita, bahwa IKN tetap go on,” terang Nurul.

Nurul juga menyampaikan bahwa sejauh ini pihaknya tidak menerima adanya kekhawatiran dari para investor di IKN.

“Saya rasa eskalasinya tidak sampai sejauh sampai investor tidak yakin, karena tidak ada alasan yang menjadi benar benar basic ground, mereka harus yakin bahwa policy pemerintah berubah, itu tidak ada. Dan kemarin cukup strong sekali, message yang disampaikan bahwa apa yang dilakukan oleh Bapak Jokowi itu akan ditindak lanjuti oleh Bapak Prabowo,” imbuh Nurul.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (3/6).

"Beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Pak Doni Dhony Rahajoe selaku Wakil Kepala Otorita IKN. Kemudian beberapa waktu berikutnya Presiden juga menerima surat permohonan pengunduran diri dari Bapak Bambang Susantono sebagai kepala otoritas IKN," kata Pratikno.

Ia mengatakan telah terbit Surat Keputusan Presiden tentang pemberhentian dengan hormat Bambang Susantono dari jabatan kepala Otorita IKN dan juga Dhony Rahajoe sebagai wakil Kepala Otorita IKN disertai ucapan terima kasih atas pengabdian mereka.

Menindaklanjuti hal itu, kata Pratikno, telah terbit per hari ini Keputusan Presiden (Keppres) yang mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni sebagai Plt Wakil Kepala Otorita IKN.

"Sekaligus Pak Presiden mengangkat Menteri PUPR Pak Basuki sebagai Plt Kepala Otorita IKN dan mengangkat Wakil Menteri ATR sebagai Wakil Otorita IKN," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Jadwal DAMRI ke Pantai Baron, Pantai Parangtritis, Candi Prambanan dan Candi Borobudur Cek di Sini

Jogja
| Minggu, 29 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement