Advertisement

Kans Kaesang Maju DKI Jakarta 1 Kian Terbuka, Ini Alasannya

Sholahuddin Al Ayyubi
Minggu, 02 Juni 2024 - 22:17 WIB
Arief Junianto
Kans Kaesang Maju DKI Jakarta 1 Kian Terbuka, Ini Alasannya Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kans putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk maju sebagai kandidat dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 kian terbuka.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo yang sekaligus merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu mendapatkan sinyal positif dari sejumlah partai lain. Partai Gerindra salah satunya.

Advertisement

Awalnya, suami dari Erina Gudono ini diarahkan untuk menjadi bakal calon wakil gubernur (cawagub) di Pilkada Jakarta 2024. Dia digadang-gadang menjadi pendamping Budisatrio Djiwandono, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra dan juga sekaligus keponakan ketua umum partainya, Prabowo Subianto.

Apalagi, Mahkamah Agung (MA) baru saja menetapkan putusan terbaru yang mewajibkan Komisi Pemilihan Umum tidak membatasi batas minimal usia kepala daerah. mencabut ketentuan Pasal 4 ayat (1) huruf d Peraturan KPU No. 9/2020 yang mengatur soal syarat minimal usia kepala daerah ketika mendaftar karena dianggap bertentangan dengan UU No. 10/2016 tentang Pilkada.

PSI sebenarnya telah membantah wacana yang berkembang di publik terkait hubungan putusan MA tersebut dengan peluang Kaesang maju di Pilkada 2024.

Namun, partai yang mengklaim dirinya sebagai representasi kaum muda ini masih menunggu keputusan Kaesang untuk bertarung di kontestasi Pilgub Jakarta.

Di sisi lain, Budisatrio atau Budi Djiwandono, telah menegaskan bahwa dirinya mendapatkan penugasan dari Partai Gerindra untuk tetap menjadi anggota DPR RI. Sosok lain diklaim telah disiapkan partai untuk Pilkada Jakarta.

Dengan begitu, peluang Kaesang untuk berkontestasi di Pilkada Jakarta diyakini terbuka. Bukan sebagai cawagub, kans Kaesang untuk menjadi calon gubernur di Jakarta pun semakin besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Gempur Rokok Ilegal

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal KRL Jogja-Solo Jumat 28 Juni 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Jum'at, 28 Juni 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement