Advertisement

Jemaah Haji Diminta Menjaga Kebugaran Fisik, Menag: Jangan Terlalu Diforsir

Newswire
Rabu, 08 Mei 2024 - 14:27 WIB
Maya Herawati
Jemaah Haji Diminta Menjaga Kebugaran Fisik, Menag: Jangan Terlalu Diforsir Ibadah haji oleh jemaah haji / Foto ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Jemaah calon haji diminta menjaga kebugaran fisik agar kuat dalam melaksanakan ibadah haji di tengah cuaca panas. Hal ini ditegaskan Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas.

Imbauan ini disampaikan Menag usai mengecek kesiapan hotel, bus, dan dapur katering jemaah haji di Makkah, Rabu (8/5/2024).

Advertisement

Menag melakukan kunjungan kerja ke Tanah Suci untuk melakukan pengecekan akhir kesiapan sejumlah layanan yang akan diberikan kepada jemaah haji Indonesia.

"Saya minta jemaah haji menyiapkan fisik sebaik-baiknya. Haji ini ibadah fisik. Siapkan fisik terbaik. Jangan terlalu diforsir," kata Menag dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Gus Men, sapaan akrabnya mengungkapkan saat ini kondisi Arab Saudi di siang hari sedang panas, juga memiliki suhu yang tinggi.

"Cuaca sangat panas. Hari ini, 40 derajat. Ini belum puncak. Beberapa hari lalu, Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi menyampaikan bahwa suhu di Arab Saudi pada puncak haji bisa mencapai 48 hingga 50 derajat," ujarnya.

BACA JUGA: Santap Hidangan Hajatan, Puluhan Warga di Sleman Keracunan

Untuk itu, selain menjaga fisik, Gus Men juga mengimbau para calon jemaah haji untuk makan makanan yang bergizi dan mengonsumsi vitamin, guna membantu jemaah dalam menjaga stamina.

Meski demikian, ia juga menyatakan pihaknya bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mempersiapkan pelayanan kesehatan bagi para jemaah haji yang dapat dimanfaatkan oleh para jemaah selama 24 jam. "Jemaah jangan ragu menyampaikan hal apa pun kepada para petugas untuk bisa membantu jemaah," ucapnya.

Sejumlah ikhtiar menjaga kesehatan jemaah haji telah dilakukan Kementerian Agama (Kemenag) RI untuk penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M. Sejak awal, Kemenag telah menetapkan istithaah kesehatan sebagai syarat pelunasan biaya haji. Selain itu, Kemenag juga telah merilis senam haji.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Terbaru! Jadwal KRL Jogja-Solo Senin 20 Mei 2024, Berangkat dari Stasiun Tugu dan Lempuyangan

Jogja
| Senin, 20 Mei 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement