Advertisement

Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, Ribuan Polisi Jaga KPU dan Gedung DPR/MPR

Anshary Madya Sukma
Rabu, 20 Maret 2024 - 11:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Jelang Pengumuman Hasil Pemilu 2024, Ribuan Polisi Jaga KPU dan Gedung DPR/MPR Foto ilustrasi polisi berjaga di Kantor KPU / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Sebanyak 1.910 personel kepolisian dikerahkan untuk pengamanan unjuk rasa terkait Pemilu 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum alias KPU.

Selain di KPU, kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, pihaknya juga mengerahkan 1.145 personel untuk mengawal demonstrasi di DPR atau MPR RI.

Advertisement

BACA JUGA: MK Terima Permohonan Sengketa Pemilu 2024 Mulai Besok

"Dalam rangka pengamanan aksi hari ini di KPU RI dan DPR RI, kami melibatkan 1.910 Personel di KPU RI dan 1.145 personel di DPR/MPR," ujarnya saat dihubungi, Selasa (20/3/2024).

Susatyo menegaskan bahwa untuk aturan rekayasa lalu lintas masih bersifat situasional. Artinya, pengaturan lalu lintas diterapkan mengikuti kondisi di lapangan.

"Kami himbau untuk masyarakat yang akan melintas di depan KPU RI dan juga DPR RI agar mencari jalan alternatif lainnya dikarenakan akan ada aksi penyampaian pendapat di depan gedung KPU RI dan DPR/MPR RI," tambahnya.

Dia juga mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan aksi unjuk rasa agar melakukan penyampaian pendapat secara tertib agar tidak mengganggu hak masyarakat lainnya.

"Kepada seluruh Personel yang terlibat Pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, tidak terprovokasi, mengedepankan negosiasi, pelayanan serta humanis," pungkasnya.

Sebagai informasi, hari ini merupakan batas terakhir bagi KPU RI melakukannya, karena UU Pemilu mewajibkan mereka menetapkan hasil pemilu nasional 35 hari setelah pencoblosan. Adapun, momen pemilihan telah terjadi pada Rabu, 14 Februari 2024 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement