Advertisement

China Nilai Sikap AS untuk Ukraina karena Memiliki Tujuan Geopolitiknya

Newswire
Rabu, 13 Maret 2024 - 13:17 WIB
Mediani Dyah Natalia
China Nilai Sikap AS untuk Ukraina karena Memiliki Tujuan Geopolitiknya Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping menggelar pertemuan di San Fransisco, Rabu (15/11) waktu setempat. (Reuters - Kevin Lamarque)\\r\\n

Advertisement

Harianjogja.com, ISTANBUL—China menuduh Amerika Serikat (AS) mengeksploitasi krisis Ukraina. AS dinilai memiliki "tujuan geopolitik" bukan murni peduli pada Ukraina.

"Apa yang AS pedulikan bukanlah Ukraina, tetapi mewujudkan tujuan geopolitik dan strategisnya melalui krisis Ukraina," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin, Selasa (13/3/2024).

Advertisement

Wang menanggapi komentar yang dibuat oleh kepala mata-mata AS William Burns dalam suatu sidang Senat. "Jika kita terlihat menarik dukungan untuk Ukraina, hal ini tidak hanya akan menambah keraguan di antara sekutu dan mitra kita di Indo-Pasifik, namun hal ini juga akan memicu ambisi kepemimpinan China dalam menghadapi berbagai kemungkinan mulai dari Taiwan hingga Laut China Selatan," kata Burns kepada para senator, Senin (11/3/2024).

Secara terpisah, dalam laporan Penilaian Ancaman Tahunan 2024 pada hari yang sama, badan intelijen AS mengatakan: "China yang ambisius tetapi cemas, Rusia yang konfrontatif, beberapa kekuatan regional, seperti Iran, dan aktor-aktor non-negara yang lebih cakap menantang peraturan-peraturan sistem internasional yang sudah lama serta keunggulan AS di dalamnya."

Laporan tersebut menyoroti China yang mungkin berupaya memengaruhi pemilu AS pada 2024 pada tingkat tertentu. Pasalnya China ingin mengesampingkan kritik terhadapnya dan memperbesar perpecahan masyarakat AS."

Baca Juga

China Sebut Amerika Serikat dan Uni Eropa Punya Catatan Buruk Penanganan HAM

China, Amerika Serikat dan Jepang Jadi Tujuan Ekspor Terbesar Indonesia

AS Kembali Tuding Soal Pesawat Mata-Mata China, Ada Kaitannya dengan Jaringan Internet

Wang mengatakan perwakilan khusus China untuk Urusan Eurasia, Li Hui, mengunjungi Rusia, markas besar Uni Eropa, Polandia, Ukraina, Jerman, dan Prancis pada awal Maret. Dalam kunjungannya, Li berdiskusi dengan para pejabat mengenai resolusi politik krisis Ukraina, kata Wang. "Semua pihak sangat menghargai upaya Li untuk mewakili China dalam mendesak perundingan perdamaian," kata Wang.

Dia juga menekankan China dengan tulus berharap semua pihak terkait akan berupaya menuju gencatan senjata lebih awal dan membangun kerangka keamanan Eropa yang seimbang, efektif, berkelanjutan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

198 Ekor Kuda Berpacu di Piala Tiga Mahkota Seri 1 & Pertiwi Cup 2024

Bantul
| Minggu, 28 April 2024, 14:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement