Advertisement

Kronologi Penyebab Insiden Penolakan Ustad Syafiq Riza Basalamah di Surabaya

Sholahuddin Al Ayyubi
Sabtu, 24 Februari 2024 - 07:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Kronologi Penyebab Insiden Penolakan Ustad Syafiq Riza Basalamah di Surabaya Ilustrasi Banser NU. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Terkait bentrokan yang terjadi di Surabaya, Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor atau GP Ansor Nahdlatul Ulama akhirnya angkat bicara.

Ketua Umum GP Ansor, Addin Jauharudin mengaku bahwa seluruh kader GP Ansor sudah melakukan tabayyun dengan pihak penyelenggara pengajian dengan nama penceramah Ustad Syafiq Riza Basalamah.

Advertisement

BACA JUGA: Top 7 News Harian Jogja Online, Sabtu 24 Februari 2024, Update Mafia TKD hingga Perkembangan Tol Jogja

Hanya saja, kata Addin, tabayun yang sudah dilakukan GP Ansor Surabaya Jawa Timur malah mendapatkan perlawanan keras dari pihak penyelenggara. Bahkan, ada kader GP Ansor yang dipukuli oleh oknum tertentu yang akhirnya membuat suasana bertambah keruh.

“Kendati kami dirugikan secara fisik, tentu saja juga penistaan terhadap amaliah NU, kami tetapi meminta kepada seluruh kader, utamanya di Surabaya, agar tidak mudah terprovokasi dan menunggu komando dari pimpinan pusat,” tuturnya di Jakarta, dikutip Sabtu (24/2/2024).

Addin menegaskan bahwa pihaknya hanya ingin Ustad Syafiq Riza Basalamah tidak melakukan ceramah dan pengajian di Surabaya, Jawa Timur. Pasalnya, kata Addin, Ustad Syafiq Riza Basalamah seringkali menistakan ajaran dan amaliah organisasi Nahdlatul Ulama.

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca Hari Ini di Jogja dan Sekitarnya, BMKG: Waspadai Potensi Hujan Petir

Ditambah lagi, menurut Addin pengajian tersebur digelar di wilayah yang mayoritas amaliahnya berpegang pada akidah ahlussunnah wal jamaah NU.

"Kami tegas dan tidak mundur selangkah pun terhadap pengajian-pengajian yang selalu merongrong identitas kebangsaan Indonesia, intoleran, membangun narasi radikal, menghujat amaliyah NU, apalagi mau mengubah sistem negara," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

PKB Bantul Buka Penjaringan Pilkada 2024 Pekan Depan

Bantul
| Minggu, 28 April 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement