Advertisement

Tokoh Oposisi Rusia Alexei Navalny Meninggal Dunia di Penjara

Newswire
Sabtu, 17 Februari 2024 - 10:27 WIB
Ujang Hasanudin
Tokoh Oposisi Rusia Alexei Navalny Meninggal Dunia di Penjara Penata suara film 'Navalny' Marcus Vetter melakukan pemutaran dan pemaparan film 'Navalny' di Jakarta, Minggu (26/2/2023). Pemutaran dan diskusi film dokumenter berjudul 'Navalny' yang masuk ke dalam nominasi Oscar 2023 tersebut untuk menceritakan proses kreatif pembuatan film sekaligus mendorong industri film lokal agar bisa berkembang dan berkolaborasi. ANTARA FOTO/Fauzan/nz (ANTARA FOTO - FAUZAN)

Advertisement

Harianjogja.com, MOSKOW—Alexei Navalny, seorang tokoh oposisi Rusia meninggal dunia di penjara di Kawasan Otonom Yamalo-Nenets di utara negara tersebut, demikian dikabarkan Dinas Pemasyarakatan Federal daerah itu pada Jumat.

"Pada 16 Februari, di koloni lembaga pemasyarakatan No. 3, narapidana A.A. Navalny melaporkan tidak enak badan setelah berjalan, dan langsung kehilangan kesadaran saat itu juga," demikian pernyataan dinas tersebut.

Advertisement

Dinas tersebut menyatakan bahwa petugas dan sebuah ambulans segera didatangkan untuk menolong Navalny.

Meski demikian, semua upaya resusitasi yang dilakukan tidak membuahkan hasil, dan dokter darurat yang didatangkan mengkonfirmasi bahwa Navalny telah meninggal dunia.

Penyebab kematian tokoh oposisi Rusia tersebut tengah diselidiki.

"Terkait kematian mendadak ini ... sebuah komisi yang terdiri dari manajer dan pegawai unit operasional dan medis dari kantor pusat Dinas Pemasyarakatan Federal Rusia telah dikirimkan ke dinas daerah dan fasilitas pemasyarakatan tersebut," demikian pernyataan dinas.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres "terkejut" atas meninggalnya Alexei Navalny dan meminta penyelidikan menyeluruh, kredibel dan transparan atas hal itu, menurut juru bicaranya Stephane Dujarric pada Jumat.

"Sekjen terkejut atas berita mengenai kematian dan penahanan tokoh oposisi Alexei Navalny," ujar Dujarric kepada wartawan.

BACA JUGA: Rusia Desak Sidang PBB Usai Pesawat Rusia Berisi Tawanan Ukraina Ditembak Jatuh

Guterres juga menyampaikan duka citanya kepada keluarga Navalny.

Badan lembaga pemasyarakatan Rusia pada Jumat mengatakan bahwa Navalny meninggal di penjara dimana ia menjalankan hukumannya.

Dalam pernyataannya badan tersebut mengatakan bahwa Navalny kehilangan kesadaran setelah berjalan-jalan di Distrik Otonomi Yamalo-Nenets Arktik, tempat penjara itu berada.

Navalny ditangkap pada Januari 2021 setelah dirawat di rumah sakit di Jerman, dimana ia mendapatkan perawatan akibat keracunan.

Negara-negara Barat dan Navalny menyalahkan Rusia atas insiden keracunan tersebut, sebuah tuduhan yang disangkal Kremlin.

Pada Agustus, Navalny dijatuhi hukuman penjara 19 tahun atas tuduhan ekstremisme, dan kejahatan lainnya. Dia sudah menjalani 11,5 tahun penjara atas kasus penipuan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement