Advertisement

Pabrik Penyuplai Ban Bakal Tutup, 1.500 Pekerja Dirumahkan sejak Kemarin

Afiffah Rahmah Nurdifa
Rabu, 17 Januari 2024 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Pabrik Penyuplai Ban Bakal Tutup, 1.500 Pekerja Dirumahkan sejak Kemarin Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pabrik ban milik PT Hung-A Indonesia dikabarkan akan berhenti beroperasi pada Februari 2024 mendatang. Penutupan pabrik ban ini pun menyebabkan 1.500 karyawan terimbas pemutusan hubungan kerja (PHK). 

Ketua Serikat Pekerja Logam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (SPL FSPMI) Kabupaten/Kota Bekasi, Sarino mengatakan serikat pekerja dan perusahaan masih dalam tahap pengajuan perundingan untuk hak-hak karyawan yang terdampak.

Advertisement

"Betul, PT Hung A akan ditutup pada 1 Februari 2024 dan untuk seluruh karyawan dirumahkan sejak 16 Januari 2024. Setidaknya ada 1.500-an pekerja terdampak," kata Sarino, Rabu (17/1/2024). 

Sarino belum dapat memberikan informasi lebih lanjut berkenaan dengan penyebab penutupan pabrik PT Hung-A Indonesia. Tetapi pabrik ban asal Korea Selatan itu disebut akan merelokasi pabrik ke wilayah lain. 

Sebelumnya, viral video beredar di media sosial ketika pengumuman penutupan pabrik dilakukan pada Selasa (16/1/2024) kemarin.

BACA JUGA: Ekonom Sebut Kenaikan Pajak Hiburan Bisa Berujung pada PHK

Salah satu pihak perusahaan memberikan informasi bahwa pabrik ban akan tutup per 1 Februari 2024.  "Per 1 Februari 2024 perusahaan PT Hung A melakukan penutupan operasional peruashan sesuai dengan surat keputusan direksi yang akan disebarkan. Semua yang ada disini termasuk saya juga akan terdampak PHK," kata pria dalam video tersebut. 

Sebagai informasi, PT Hung-A Indonesia berdiri di Indonesia sejak 1991 dan telah mengekspor lebih dari 70% berbagai jenis ban dan produk tabung ke Eropa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement