Advertisement

Anies Baswedan Apresiasi Polisi yang Tangkap Pelaku Pengancaman Dirinya

Lukman Nur Hakim
Sabtu, 13 Januari 2024 - 16:17 WIB
Ujang Hasanudin
Anies Baswedan Apresiasi Polisi yang Tangkap Pelaku Pengancaman Dirinya Cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan seusai menghadiri Dhaup Ageng Kadipaten Pakualaman, Rabu (10/1 - 2024). Harian Jogja/Josep Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Anies Rasyid Baswedan mengapresiasi langkah Polri yang bergerak cepat menangkap terduga pelaku yang mengancam melakukan penembakan kepada dirinya. 

Anies mengatakan bahwa apresiasi yang sebesar-besarnya perlu diberikan kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan jajaran kepolisian atas langkah sigap dan cepatnya dalam memastikan keamanan seluruh warganya.

Advertisement

“Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Bapak Kapolri dan institusi Polri sehingga Pemilu 2024 dapat berjalan dengan kondusif dan damai,” kata Anies dalam keteranganya, Sabtu (13/1/2024).

Calon presiden nomor urut 1 ini menyebut bahwa ancaman terhadap nyawa dan kekerasan fisik, jelas berada di luar batas kebebasan berpendapat dan bisa menganggu kebebasan berpendapat itu sendiri.

Dengan demikian, apa yang dilakukan kepolisian justru merupakan salah satu langkah dalam melindungi kebebasan berpendapat.

“Ini penting, sebab perlindungan terhadap kebebasan berpendapat berlaku untuk semua dan terhadap semua. Bukan hanya terhadap capres atau pejabat publik, tapi untuk seluruh rakyat,” ujarnya.

Eks Gubernur DKI Jakarta ini meminta agar tindakan terhadap pelaku selain sesuai ketentuan hukum juga memenuhi prinsip keadilan dan proporsionalitas.

“Semoga terhadap pelaku masih bisa dilakukan pembinaan dan disadarkan bahwa apa yang ditulisnya itu bisa berbahaya dan mengirim pesan yang salah kepada publik luas,” ucap Anies.

BACA JUGA: Pria Pengancam Tembak Anies Baswedan Ditangkap di Jember, Polisi Dalami Motifnya

BACA JUGA: Pemilik Akun Pengancam Anies Baswedan Ditangkap Polisi

Diketahui, Polisi berhasil menangkap pria yang mengancam penembakan terhadap calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan. Ancaman tersebut dilontarkan saat Anies melakukan Live di TikTok.

Direktur Tindak Pidana Siber (Dirtipidsiber) Bareskrim Mabes Polri, Brigjen Himawan Bayu Aji membenarkan kabar penangkapan tersebut.

"Benar [ditangkap]," kata Himawan kepada wartawan, Sabtu (13/1/2024).

Di sisi lain, Karopenmas Divisi Humas Polri Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa saat ini pelaku masih berada di Jawa Timur.

"[pelaku masih] di Jatim, nanti secara lengkap disampaikan oleh Kadiv [Humas Polri]," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Meninggal, Kemendikbudristek: Penyair Legendaris Tuai Beragam Penghargaan

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 20:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement