Advertisement

Polisi: Ada Provokator yang Mengakibatkan Kericuhan saat Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe

Lukman Nur Hakim
Kamis, 28 Desember 2023 - 22:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Polisi: Ada Provokator yang Mengakibatkan Kericuhan saat Iring-iringan Jenazah Lukas Enembe Pemakaman mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kepolisian Papua mengungkapkan provokasi menjadi penyebab terjadinya kericuhan saat iring-iringan jenazah eks Gubernur Papua Luka Enembe yang dimakamkan di Jayapura, Kamis (28/12/2023).

Kapolresta Jayapura, Kombes Pol Victor D. Mackbon mengatakan provokasi menjadi penyebab pecahnya kericuhan di sana. “Ricuhnya itu ada yang memprovokasi ya, petugas aparat dilakukan pelemparan padahal kita sedang melakukan pengamanan,” kata Victor kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Advertisement

Victor mengatakan kericuhan terjadi saat iring iringan berlangsung. Namun, kericuhan terjadi di barisan belakang bukan di depan. “Lagi beriringan jalan ya, jadi yang di barisan belakang ini ya melakukan aksi itu,” ujarnya.

Baca Juga

Pemakaman Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur Papua Kena Lemparan Batu

Sambut Jenazah Lukas Enembe, Pemprov Papua Sesalkan Insiden Terjadi di Sentani

Jenazah Lukas Enembe Tiba di Jayapura

Sebelumnya, Polisi mengerahkan 1.000 personel untuk patroli saat kedatangan mantan Gubernur Lukas Enembe ke Papua, termasuk melakukan asistensi proses pemakamannya. "Polda menyiagakan 1.000 personel," kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Prabowo, saat dihubungi Rabu (27/12/2023).

Dia menyampaikan jumlah tersebut bakal dikerahkan untuk menjaga objek vital, seperti pom bensin, rumah sakit hingga tower sinyal. "Polda menjamin keamanan prosesi pemakaman [Lukas Enembe] dan seluruh masyarakat di Papua," tuturnya. Hanya, untuk pengamanan proses pemakaman Lukas Enembe akan difokuskan dari personel baik dari Polres maupun Polresta Jayapura.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Joko Pinurbo Berpulang, Okky Madasari : Karyanya Akan Selalu Relevan

Bantul
| Sabtu, 27 April 2024, 15:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement