Advertisement

Pemakaman Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur Papua Kena Lemparan Batu

Lukman Nur Hakim
Kamis, 28 Desember 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Pemakaman Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur Papua Kena Lemparan Batu Pemakaman mantan Gubernur Papua, Lukas Enembe. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Pj Gubernur Papua, Ridwan Rumasukun terluka akibat kericuhan yang terjadi di Papua hari ini, Kamis (28/12/2023). Diketahui bahwa kericuhan terjadi saat iring-iringan jenazah eks Gubernur Papua, Lukas Enembe yang dimakamkan di Jayapura.

Terlukanya Pj Gubernur Papua dibenarkan oleh Kabid Humas Polda Papua, Kombes Ignatius Benny Prabowo.

Advertisement

Benny mengatakan bahwa Pj Gubernur terluka karena lemparan batu. “Ya benar salah satu Pj Gubernur Papua. Itu terkena lemparan dan juga bbrp aparat kepolisian juga TNI terluka juga,” kata Benny kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Terkait dengan kondisi saat ini, Benny belum mengetahui pasti bagaiman kondisi Pj Gubernur Papua dan aparat yang terkena lemparan batu.

Dia menyebut kemungkinan korban luka dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sentani. “Tetapi sudah dilakukan perawatan medis kepada anggota aparat keamanan dan Pj, Kemungkinan RSUD Sentani. Saya belum dapat informasinya,” ujarnya.

Benny menyebut selain korban luka, terdapat juga kerusakan terhadap kendaraan dinas TNI dan Polri.

BACA JUGA: Sambut Jenazah Lukas Enembe, Pemprov Papua Sesalkan Insiden Terjadi di Sentani

Dia menjelaskan ada satu kendaraan milik Polri terbakar saat kericuhan terjadi. Terkait dengan kerusuhan, Benny mengatakan bahwa kerusuhan terjadi bukan ulah simpatisan dari Lukas Enembe, tetapi massa yang menyambut kedatangan jenazah Enembe.

Saat ini, kata Benny pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait penyebab massa dapat terprovokasi sehingga pecahnya kericuhan di Papua. “Ini sementara dalam penyelidikan yang menyebabkan akhirnay terprovokasi nih siapa pelaku, dan bagaimana bisa terjadi,” ucap Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Gerindra Jaring Calon Wali Kota Jogja Lewat Komunikasi Intensif

Jogja
| Sabtu, 27 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement