Advertisement

Soal Papua, Ini PR Jokowi kepada Panglima TNI Agus Subiyanto

Akbar Evandio
Rabu, 22 November 2023 - 16:27 WIB
Abdul Hamied Razak
Soal Papua, Ini PR Jokowi kepada Panglima TNI Agus Subiyanto Evakuasi korban KKB Papua. - Okezone.com/Chanry

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA–Panglima TNI Agus Subiyanto mengaku mendapatkan arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menangani daerah-daerah yang masih mengalami konflik dan antisipasi terkait bencana alam di Papua.

Hal ini disampaikannya usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (22/11/2023) Dia mengatakan bahwa orang nomor satu di Indonesia itu memberi mandat untuk saling bekolaborasi dengan Polri dan seluruh elemen masyarakat tentang penanganan tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Organisasi Guru Diniyah Minta Pj Gubernur Jateng Tak Realokasi Anggaran Guru Ngaji

“Ya diminta saling bekolaborasi untuk penanganan Papua dan bencana alam yang sering terjadi. Juga kami diminta kolaborasi dengan kementerian terkait agar kami menggandeng semua,” katanya di kompleks Istana Kepresidenan.

Terkait Papua, kata Agus, kolaborasi dibutuhkan lantaran surga kecil dari timur itu memiliki karakteristik tersendiri, salah satunya dengan wilayah yang memiliki ragam kearifan lokal hingga tradisinya juga.

Oleh sebab itu, dia meyakini terdapat pendekatan yang berbeda apabila ingin melakukan penanganan di Papua, yakni dengan mengedepankan kekuasaan yang berlandaskan strategi taktis (smart power) yang menggabungkan unsur dari hard power dan soft power atau mengedepankan intelijen dan teritorial.

BACA JUGA: Anies-Cak Imin Janjikan Jatah Menteri untuk Muhammadiyah

Untuk soft power, dia menjelaskan pendekatan tersebut lebih berkarakter inspirasional dengan berusaha menarik simpati pihak lain melalui kecerdasan emosional, karisma, komunikasi yang persuasif, daya tarik ideologi visioner serta pengaruh budaya.

Contohnya, kata Agus seperti membantu percepatan pembangunan di wilayah Papua. Misalnya membuat jalan, jembatan, puskesmas, fasilitas umum.

Dia melanjutkan, sedangkan hard power juga digunakan dengan berfokus akan penggunaan cara-cara militer dan ekonomi untuk mempengaruhi perilaku atau kepentingan badan politik lainnya.

“Namun, tentunya kita kedepankan soft power. Karena kan ada tiga front ya, front bersenjata, front politik diplomatik, front klandestin (kegiatan secara rahasia),” tandas Agus

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Beli Tiket Kereta Bandara YIA Bisa via Online, Begini Caranya

Jogja
| Selasa, 30 April 2024, 01:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement