Advertisement

Cak Imin Sebut Food Estate Era Jokowi Gagal, Usul Manajemen Bisnis Rakasasa

Surya Dua Artha Simanjuntak
Rabu, 27 September 2023 - 15:17 WIB
Ujang Hasanudin
Cak Imin Sebut Food Estate Era Jokowi Gagal, Usul Manajemen Bisnis Rakasasa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menyebut proyek food estate alias lumbung pangan era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal dan membuat Indonesia swasembada pangan.

Cak Imin pun meyakini swasembada pangan dapat terwujud dengan melalui program yang berbeda. Dia mengusulkan agar pemerintah yang mengorganisir lahan pertanian rakyat.

Advertisement

"Food estate terbukti gagal, maka jalan cepat yang harus dilakukan adalah mengintensifikasi tanah-tanah pertanian punya rakyat, diorganisir dengan manajemen bisnis raksasa pangan nasional," ujar Cak Imin usai Seminar MKD DPR RI di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2023).

Dengan begitu, lanjutnya, produktivitas pangan bisa digerakkan secara masif. Menurutnya, food estate gagal melakukan itu.

BACA JUGA: Operasi Pasar, 2 Pasar Tradisional di Bantul Digelontor Beras

Cak Imin percaya jika lahan rakyat diolah pemerintah melalui perusahaan raksasa maka hasil pertanian dapat diintensifikasi.

"Maka pemilik tanah-tanah kecil bisa digabungkan dalam satu koordinasi seperti pengelolaan perusahaan, dan pemerintah yang memimpin," lanjutnya

Bakal calon wakil presiden dari Koalisi Perubahan ini meyakini, jika pemerintah tidak memimpin pengelola lahan pertanian rakyat maka Indonesia akan terus mengimpor hasil pertanian dari luar negeri.

"Negara-negara produsen pun satu titik tertentu akibat el-Nino, krisis pangan global akan tidak mengekspor barang ke kita. Kalau kita tidak bisa impor, kita makan dari mana? Kecuaki kita berswasembada," jelas Cak Imin 

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Wakil Ketua Kadin DIY Mendaftar Balon Wali Kota Jogja Lewat PDIP

Jogja
| Sabtu, 11 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement