Advertisement

Kemenlu Ungkap Kabar Terbaru Nasib 282 WNI di Libya Pascabanjir Besar

Erta Darwati
Selasa, 12 September 2023 - 20:17 WIB
Arief Junianto
Kemenlu Ungkap Kabar Terbaru Nasib 282 WNI di Libya Pascabanjir Besar Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha. - JIBI/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memperbarui informasi terkini kondisi warga negara Indonesia (WNI) di Libya timur pascamusibah banjir besar, Senin (11/9/2023).

"Sampai hari ini, tidak terdapat informasi adanya WNI yang menjadi korban banjir besar di Libya timur," ujar Direktur Perlindungan WNI Kemlu RI Judha Nugraha dalam keterangan resmi, Selasa (12/9/2023). 

Advertisement

Dia memastikan bahwa Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tripoli terus melakukan komunikasi dengan otoritas di Libya timur dan komunitas masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut, dia menyatakan bahwa sebagian besar WNI di Libya yang tercatat di database KBRI Tripoli sebanyak 282 orang, dan mayoritas bertempat tinggal di Libya barat.

BACA JUGA: 2000 Orang Tewas dan Ribuan Hilang Dalam Banjir Bandang di Libya Timur

Selain itu, Judha mengatakan bahwa pemerintah Libya telah menetapkan status siaga atau darurat akibat bencana banjir besar tersebut, dan operasi pencarian serta penyelamatan hingga kini masih berlangsung.  "Hingga saat ini [12 September, dini hari waktu setempat] dilaporkan bahwa bencana tersebut merenggut sekitar 2.000 orang," tambahnya. 

Kemudian, dia mengatakan bahwa KBRI Tripoli terus memantau perkembangan di lapangan, dan telah mengeluarkan imbauan.  "KBRI memberikan imbauan melalui jejaring masyarakat agar WNI di wilayah tersebut meningkatkan kewaspadaan dan terus memantau prakiraan cuaca melalui media resmi pemerintah," lanjutnya. 

Sumber: Bisnis.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Seorang Anak di Sleman Diduga Tertembak Senapan Angin, Polisi Buru Pelaku

Sleman
| Rabu, 08 Mei 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Piknik dan Camping di Nawang Jagad Kaliurang: Info Lokasi, Jam Buka, dan Biaya Tiket Masuk

Wisata
| Sabtu, 04 Mei 2024, 09:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement