Advertisement

Ikuti Indonesia, Malaysia Setop Impor Sapi dan Kerbau Hidup dari Australia

Ni Luh Anggela
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 09:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Ikuti Indonesia, Malaysia Setop Impor Sapi dan Kerbau Hidup dari Australia Pemeriksaan PMK di tempat penampungan ternak Dagan, Murtigading, Sanden, Rabu (18/5/2022). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Malaysia untuk sementara waktu menghentikan impor sapi dan kerbau hidup asal Australia.

Langkah ini dilakukan beberapa hari setelah Indonesia menangguhkan impor usai ditemukannya penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh virus lumpy skin disease (LSD).

Advertisement

Menyusul adanya penghentian tersebut, Kepala Petugas Hewan Australia, Mark Schipp, sudah berkomunikasi dengan pihak Malaysia untuk mencabut kebijakan tersebut dan meyakinkan mereka bahwa Australia bebas dari LSD.

BACA JUGA: Imbas Temuan LSD, RI Setop Impor Sapi Hidup Australia

“Australia segera berkomunikasi dengan rekan-rekannya di Malaysia untuk mencabut pembatasan sambil memastikan Australia bebas dari penyakit tersebut,” kata Mark, mengutip Reuters, Jumat (11/8/2023).

Mark sendiri memaklumi keputusan yang diambil Negeri Jiran atas saran Indonesia yang tidak menerima sapi dari empat perusahaan ekspor tertentu, menyusul terdeteksinya LSD pada sapi Australia yang diekspor setelah mereka tiba dan menghabiskan waktu di Indonesia. 

Mark mengatakan, pihaknya sedang bekerja untuk menyelesaikan penyelidikan status kesehatan ternak yang terdampak.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sebagai pasar terbesar ekspor sapi hidup Australia, melakukan pembatasan sapi hidup dari empat perusahaan ekspor.

“Indonesia telah menghentikan impor sapi hidup dari empat fasilitas Australia setelah penyakit LSD terdeteksi pada sebagian kecil sapi, beberapa saat setelah tiba [di Indonesia],” demikian pernyataan pemerintah Australia beberapa waktu lalu.

Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Bambang, mengatakan, penangguhan impor dilakukan selama 60 hari sejak Barantan mengirim surat kepada otoritas Australia pada 12 Juli 2023.

Bambang mengungkapkan, baik Australia maupun Indonesia akan melakukan pendalaman selama waktu tersebut untuk menemukan penyebab dan sumber pasti LSD pada 13 ekspor sapi impor Australia.

“Kalau hasilnya negatif maka akan diteruskan impornya, kalau positif kita hentikan,” jelas Bambang di Kantor Kementerian Pertanian, Selasa (1/8/2023). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Jadwal Kereta Api Prameks Jogja-Kutoarjo Senin 29 April 2024

Jogja
| Senin, 29 April 2024, 04:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement