Advertisement

Bandara Husein Pindah ke Kertajati, Bus & Travel Disiapkan

Rio Sandy Pradana
Sabtu, 29 Juli 2023 - 23:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Bandara Husein Pindah ke Kertajati, Bus & Travel Disiapkan Bandara Kertajati. - Dok. Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Layanan penerbangan di Bandara Husein direncakanan pindah ke Kertajati. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mempersiapkan bus dan agen travel di Bandara Kertajati, Jawa Barat jelang operasional penerbangan reguler pada Oktober 2023.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bandara berkode KTJ tersebut bersiap melayani penumpang udara usai rencana pemindahan operasional Bandara Husein Sastranegara.

Advertisement

Kemenhub, lanjutnya, melalui Ditjen Perhubungan Darat telah berupaya memenuhi integrasi moda dari dan menuju Bandara Kertajati pada rute Kota Bandung dan Cirebon dengan angkutan bus maupun agen travel.

“Penyiapan shelter angkutan darat memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan,” kata Budi dalam siaran pers, Sabtu (29/7/2023), dikutip dari Bisnis.com-jariingan Harianjogja.com. 

Baca juga: ASN Bantul Tidak Memilah Sampah Bisa Nggak Naik Pangkat, Bupati: Buat Contoh Masyarakat

Dia meminta minta Pemprov Jabar untuk membahas upaya integrasi dari Bandara Kertajati menuju Kota dan Provinsi lainnya maupun sebaliknya. Selain itu, perlu juga unutk mengkurasi agen perjalanan yang memiliki kinerja bagus.

Sekda Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menyampaikan telah berkoordinasi dengan beberapa pihak penyedia jasa angkutan darat untuk memenuhi integrasi antarmoda menuju Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, maupun Jawa Tengah.

Pengembangan Bandara Kertajati telah menarik minat beberapa pihak dari India dan Arab Saudi. Mereka telah menyampaikan minatnya untuk mengembangkan Bandara Kertajati. "Berbagai pertemuan untuk membahas peluang investasi pengembangan Bandara Kertajati melalui skema Public Private Partnership atau Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha [KPBU] juga telah dilaksanakan," katanya.

Pertemuan dihadiri sejumlah pihak di antaranya yaitu: Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja, Direktur Utama PT Sarana Multi Infrastruktur Edwin Syahruzad, Direktur Utama PT BIJB Muhammad Singgih, Dirjen Perhubungan Udara Maria Kristi Endah, dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Pelaku UMKM Gunungkidul Wajib Melek Teknologi, Pemkab Genjot Aktivasi Internet

Gunungkidul
| Senin, 29 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement