Advertisement

Perbaikan Data Berguna dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia

Newswire
Minggu, 04 Juni 2023 - 22:57 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Perbaikan Data Berguna dalam Pengentasan Kemiskinan di Indonesia Kemiskinan - ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mendorong upaya perbaikan data yang konsisten dan terintegrasi guna pengentasan kemiskinan di Indonesia.

"Upaya penajaman dan perbaikan data kependudukan yang lebih rinci, harus secara konsisten dilakukan agar akurasi penanggulangan kemiskinan lebih akurat, dan mencapai kelompok sasaran," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Advertisement

Selain itu, efektivitas penanggulangan dan penghapusan kemiskinan ekstrem harus ditingkatkan, untuk menjawab sejumlah tantangan dalam upaya mengakselerasi pembangunan nasional.

"Jumlah penduduk miskin yang harus dientaskan saat ini masih relatif tinggi, sekaligus merupakan tantangan yang harus segera dijawab bersama, dalam rangka mempercepat proses pencapaian Indonesia yang lebih adil, makmur dan sejahtera," katanya menegaskan.

Baca juga: Tawuran di Jalan Kusumanegera Jogja Minggu Malam, Massa Saling Lempar Batu

Data World Bank, mencatat angka kemiskinan di Indonesia mencapai 16 persen dari total penduduk pada 2022 lalu. Perhitungan jumlah penduduk miskin itu dengan asumsi pendapatan mereka di bawah 1,90 dolar Amerika per hari.

Sementara Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), beberapa waktu lalu mengungkapkan outlook jumlah kemiskinan di Indonesia pada 2024 mendatang adalah 7,99 persen.

Lestari menyarankan pengintegrasian sejumlah program pemberdayaan ekonomi yang masif, juga harus menjadi kepedulian bersama para pemangku kebijakan di tingkat pusat dan daerah.

Dia berpendapat upaya pengentasan kemiskinan yang terintegrasi dan konsisten merupakan langkah strategis yang harus dilakukan. "Upaya pengentasan kemiskinan dalam proses pembangunan memiliki dimensi ekonomi dan sosial, sekaligus bagian dari upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia nasional," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Mudik Lebaran, Gunungkidul Bakal Dijejali 154.000 Kendaraan

Gunungkidul
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement