Advertisement

Cawapres untuk Anies Sudah Diputuskan, Deklarasi Paling Lambat 16 Juli

Newswire
Jum'at, 02 Juni 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Cawapres untuk Anies Sudah Diputuskan, Deklarasi Paling Lambat 16 Juli Anies Baswedan - Harian Jogja - Bernadheta Dian Saraswati

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA—Teka-teki siapa bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 terpecahkan. Tim delapan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan telah menentukan cawapres Anies Baswedan.

"Cawapres sudah kami putuskan di tim delapan jadi satu nama. Kemarin, Anies ke Pacitan untuk menyampaikan hasil tim ke Susilo Bambang Yudhoyono," kata Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya, di Kantor DPP Nasdem, Jakarta, Jumat (2/6/2023).

Advertisement

Anies Baswedan merupakan bakal calon presiden dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang diusung oleh Partai NasDem, Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Hari ini ke Bapak Surya Paloh dan nanti dijadwalkan ke Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Habib Salim Segaf Al-Jufri," jelas Willy.

Tim delapan terdiri dari Partai Nasdem diwakili oleh Sugeng Suparwoto dan Willy Aditya yang menjabat sebagai Ketua DPP Partai Nasdem.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) diwakili oleh Wakil Ketua Majelis Syuro Sohibul Iman dan Ketua DPP Al-Muzammil Yusuf.

Partai Demokrat diwakili oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Teuku Riefky Harsya dan Iftitah Sulaiman Suryanegara. Sementara perwakilan Anies Baswedan yakni Sudirman Said dan Dadang Dirgantara.

Hasil tim delapan itu kata Willy, dilaporkan Anies Baswedan kepada para petinggi partai politik dalam koalisi. "Paling lambat deklarasinya 16 Juli 2023 di Gelora Bung Karno [GBK]," ungkapnya.

Willy tidak mengatakan siapa kandidat cawapres yang mendampingi Anies Baswedan dalam Pilpres 2024, apakah dari internal koalisi atau dari luar koalisi.

BACA JUGA: Waspada! Sejumlah Jalur Wisata di Bantul Rawan Kecelakaan

Anies Baswedan menegaskan proses penggodokan cawapres sudah berjalan. "Pada waktunya nanti diumumkan, dalam waktu dekat akan bertemu presiden PKS dan Habib Salim," katanya.

Terkait pertemuan dengan SBY di Pacitan, Anies mengatakan sebagai bentuk silaturahmi dan melihat finalisasi pembangunan museum. "Tentu diskusi politik, diskusi banyak hal, bukan hanya satu tema saja," ujarnya.

Sesuai dengan jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), pendaftaran bakal capres dan cawapres untuk dijadwalkan pada 19 Oktober hingga 25 November 2023, untuk Pilpres 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Stok dan Aksi Donor Darah di Wilayah DIY Hari Ini, Selasa 19 Maret 2024

Jogja
| Selasa, 19 Maret 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement